Habiburokhman: Gerindra hanya Jalankan Putusan PN Jaksel

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR- Ketua DPP Gerindra Bidang Advokasi, Habiburokhman mengatakan, prinsipnya DPP Gerindra hanya melaksanakan putusan PN Jaksel Nomor 520/Pdt.Sus.Parpol/2019 tertanggal 26 Agustus 2019.

Pernyataan ini terkait sejumlah caleg terpilih Gerindra baik di tingkat DPR RI hingga ke daerah harus gigit jari. Mereka tak dilantik karena ada putusan hukum pengadilan.

Perlu digarisbawahi bahwa berdasarkan Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 4 Tahun 2016, putusan perselisihan partai politik yang dikeluarkan Pengadilan Negeri adalah bersifat final dan tidak bisa diajukan banding.

“Jadi tidak ada pilihan bagi kami selain melaksanakan putusan tersebut. Jangan ada yang membangun narasi bahwa kami mengambil kebijakan sepihak, karena kami hanya patuh pada ketentuan hukum,” ungkap Habiburokhman.

Pihaknya justru mempertanyakan mereka yang baru meributkan putusan pengadilan Jaksel itu. Padahal saat perkara tersebut diperiksa di PN Jaksel, mereka bisa mengajukan gugatan intervensi. Apalagi pemberitaan persidangan kasus tersebut sempat menjadi viral.

“Namun demikian, jika ada yang mengajukan gugatan karena pelaksanaan putusan tersebut, ya kami tak bisa halangi karena itu hak setiap warga negara,” tukas Habiburokhman.

Nelayan Indonesia Diculik di Laut Lahad Datu, Ini Identitasnya

Rakyat Miskin Dijatah Rp150 per Bulan Mulai 2020

Menristekdikti Mohamad Nasir: Kok enggak percaya DPR.

Aktivis Dandhy Laksono Dibebaskan, Status Tersangka Melekat

Polisi Akui Ambulans PMI dan Pemprov DKI Tak Bawa Batu

Sekadar informasi, pada Agustus lalu, PN Jaksel mengabulkan 9 kader Gerindra. Salah satunya di antaranya caleg selebritis, Mulan Jameela. Mereka menggugat untuk memastikan mereka yang ditetapkan sebagai anggota legislatif dari Partai Gerindra untuk daerah pemilihan masing-masing.

Adapun sembilan penggugat itu adalah penggugat I untuk Dapil 8 DPRD Provinsi DKI Jakarta atas nama Nuraina, Penggugat II untuk Dapil 1 DPRD Kota Tangerang atas nama Pontjo Prayogo SP, Penggugat III untuk Dapil IV DPR RI Jawa Barat XI atas nama Mulan Jameela.

Penggugat IV untuk Dapil IV DPRD DKI Jakarta atas nama Adnani Taufik, Penggugat V untuk Dapil 2 DPRD Provinsi Sulawesi Selatan atas nama Adam Muhammad.

Selanjutnya Penggugat VI untuk Dapil I DPR RI Sumatra Utara atas nama Siti Jamaliah, Penggugat VII untuk Dapil I DPR RI Jawa Tengah atas nama Sugiono.

Penggugat VIII untuk Dapil I DPR RI Kalimantan Barat atas nama Katherine A OE, dan Penggugat IX untuk Dapil Papua, Provinsi Papua, atas nama dr Irene. (fik)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...