Penetapan Fraksi di DPRD Gowa, 14 Legislator Absen, Ada Apa?

FAJAR.CO.ID, SUNGGUMINASA -- Rapat paripurna perdana penetapan delapan fraksi di DPRD Gowa tak dihadiri 14 legislator dari 45 anggota DPRD yang terpilih.

Ketua DPRD Gowa terpilih, Rafiuddin, mengungkapkan, tidak hadirnya 14 anggota dewan dalam rapat tersebut karena adanya berbagai hal.

"Salah satunya masih banyak legislator yang masih berkordinasi dengan partainya dan ada yang mengikuti rakor partai seperti Nasdem," tuturnya.

Ada pun rapat paripurna tersebut secara resmi menetapkan Rafiuddin sebagai Ketua DPRD Gowa periode 2019-2024 dari Partai PPP, sedangkan Wakil Ketua I Andi Tenri Indah dari Partai Gerindra, Wakil Ketua II Zulkifli Alimuddin Tiro dari Partai Demokrat, dan Wakil Ketua III Risqiyah Hijaz dari Partai Nasdem.

Rafiuddin sebelumnya telah ditetapkan sebagai Ketua DPRD sementara pertengahan September kemarin, sehingga usai ditetapkan sebagai Ketua DPRD resmi hari ini dirinya mengucapkan terima kasih atas penunjukannya.

Terkait agenda usai penetapan ini, Rafiuddin membeberkan Sekretariat akan mengirimkan rekomendasi pengesahan ke Gubernur Provinsi Sulsel lalu kemudian dilakukan pelantikan definitf.

"Pertama Sekretariat akan mengirim rekomendasi pengesahan ke Gubernur, setelah itu itu baru dilakukan pelantikan definitif. Lalu pada 30 September hingga 4 Oktober kami akan orientasi di Makassar. Sehingga beberapa hari kemudian sesuai UU kita akan reses dan bimtek," jelas Rafiuddin

Selain itu, dilakukan pula penetapan Fraksi, sehingga telah melahirkan delapan fraksi yakni Fraksi Partai PPP, Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Nasdem, Fraksi Partai Perindo, Fraksi Partai PKB, Fraksi Partai Gabungan PKS dan PAN yaitu Partai Amanat Sejahtera, dan Fraksi Partai gabungan PDIP dan Golkar yakni Fraksi Karya Perjuangan.

Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni yang menghadiri rapat paripurna pengumuman penetapan pembentukan Fraksi DPRD Kabupaten Gowa dan penetapan pimpinan DPRD masa bakti 2019-2024, berharap dengan ditetapkannya fraksi, ketua DPRD dan wakilnya, Pemda dan DPRD Gowa dapat terus bersinergi dalam memajukan dan mensejahterakan masyarakat Gowa.

"Kita sebagai mitra tentunya bersyukur dengan apa yang sudah ditetapkan, semoga kerjasama kita dengan DPRD terus terjalin dan bersinergi karena eksekutif dan legislatif merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan dalam membangun Kabupaten Gowa," ungkapnya. (ica)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...