Buka Suara Soal Kematian Khashoggi, Putra Mahkota Arab Saudi Bilang Begini

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS), akhirnya buka suara. Dia mengaku memikul tanggung jawab atas kematian kolumnis The Washington Post Jamal Khashoggi.

Pernyataan itu terekam dalam video dokumenter berjudul The Crown Prince of Saudi Arabia yang bakal disiarkan PBS pada 1 Oktober, sehari menjelang setahun kematian Khashoggi.

”Saya bertanggung jawab karena itu terjadi di bawah pengawasan saya,” ujar ahli waris takhta kerajaan Arab Saudi tersebut kepada koresponden PBS Martin Smith.

Artinya, saat itu MBS-lah yang memegang tampuk kepemimpinan. Namun, perintah pembunuhan itu tak lantas datang langsung darinya. Dia tetap mengaku tidak tahu pembantaian tersebut.

Saat ditanya bagaimana bisa tidak tahu, pangeran yang juga menjabat menteri pertahanan Saudi tersebut menyebut memiliki 20 juta penduduk dan 3 juta pegawai pemerintah. Artinya, dia tidak mungkin tahu satu per satu apa yang mereka lakukan.

Selama ini MBS tidak pernah berbicara secara terbuka tentang pembunuhan di Konsulat Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober 2018 tersebut. (JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment