Serius Benahi Stadion, Pemprov Usulkan Anggaran Jumbo Rp200 Miliar

0 Komentar

Stadion Gelora Andi Mattalatta diabadikan dari udara Minggu (11/8/2019). FOTO: IDHAM AMA/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Rencana renovasi besar-besaran Stadion Andi Mattalatta mulai digodok. Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menargetkan konstruksinya tuntas dalam setahun.

Pemprov Sulsel bakal mengusulkan anggaran Rp200 miliar untuk pembangunan stadion yang berdiri di kawasan seluas 79.777 meter persegi tersebut.

Plt Kepala Bappeda Sulsel, Prof Rudy Djamaluddin menjelaskan, pihaknya sudah mempersiapkan rancangan usulan konstruksinya. Proses penganggaran hanya setahun.

Makanya, asumsi kebutuhan awal Rp200 miliar akan didorong saat pembahasan RAPBD 2020, Oktober mendatang. Sembari menunggu hasil kajian tim teknis untuk memastikan kebutuhan anggaran yang sebenarnya.

“Stadion Mattoanging menjadi salah satu prioritas kita 2020 mendatang. Soal skema penganggarannya nanti kita lihat, apakah dalam satu tahun atau pakai sistem multiyears,” bebernya kepada FAJAR di ruang kerjanya, kemarin.

Guru Besar Fakultas Teknik Unhas itu mengatakan, renovasi besar-besaran akan dilakukan pada stadion tersebut. Bahkan ada rencana pembongkaran untuk membuatnya lebih baru dan layak dengan standar stadion yang seharusnya.

“Semua masih dalam tahap evaluasi. Penganggaran Stadion Mattoanging juga tetap mempertimbangkan program prioritas lain. Seperti jalan atau rencana penambahan layanan,” tambah pria yang juga menjabat Kadis Bina Marga Sulsel itu.

Kepala Bidang Makro Bappeda Sulsel, Andy menjelaskan, pihaknya masih merinci kebutuhan biaya proyek tersebut. Meski begitu, untuk usulan awal sebesar Rp200 miliar sebagai anggaran pembangunan stadion.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah menuturkan, dirinya ingin pembangunan Stadion Mattoanging tuntas dalam sekali penganggaran. Jangan sampai mangkrak. “Kita harapkan langsung tuntas,” kata mantan bupati Bantaeng dua periode itu. (ful/rif)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...