Ginseng, Ini 6 Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

1 Komentar

FAJAR.CO.ID– Ginseng memiliki khasiat meningkatkan stamina tubuh. Selain itu juga kaya akan asam folat, zat besi, mineral, serta enzim. Kandungan vitamin pun cukup beragam, seperti vitamin B1, B2, B12, dan C.

Kini, tanaman yang tumbuh subur di Korea Selatan banyak dikembangkan menjadi makanan dan minuman penambah energi, kosmetik, serta sabun.

Lantas, apakah sampai di situ saja manfaat ginseng? Tentu tidak. Ini beragam manfaat lainnya, seperti dilansir laman Stylecraze.

1. Meningkatkan Energi

Telah lama dikaitkan dengan peningkatan tingkat energi dan mengurangi kelelahan. Rempahnya bisa membantu merangsang aktivitas mental dan fisik pada individu yang lelah.

Satu studi menunjukkan bahwa Ginseng bisa membantu pasien kanker dengan kelelahan. Suplemen ini juga ditemukan bisa meningkatkan kelelahan dan kinerja fisik, meskipun kita perlu lebih banyak penelitian untuk membuktikan hal ini.

2. Meningkatkan Disfungsi Seksual

Juga disebut herbal Viagra. Penelitian mendukung efektivitasnya dalam pengobatan disfungsi ereksi. Cara lain yang bisa meningkatkan disfungsi seksual adalah dengan meningkatkan kadar oksida nitrat, yang meningkatkan aliran darah. Akibatnya, ginseng mampu meningkatkan libido juga. Ginseng juga bisa meningkatkan kadar testosteron pada pria.

3. Membantu Penurunan Berat Badan

Telah ditemukan memengaruhi cara tubuh Anda memetabolisme karbohidrat, dan hal ini bisa berkontribusi pada penurunan berat badan.

Selain itu, dalam kasus-kasus tertentu, kehilangan nafsu makan adalah salah satu efek samping dari ramuan itu. Ginseng juga meningkatkan metabolisme, dan ini adalah alasan lain mengapa ginseng bekerja dengan baik untuk menurunkan berat badan.

Satu studi pada hewan juga menunjukkan bisa mengurangi berat badan pada tikus. Studi lain juga telah membuktikan efek anti-obesitas dari ginseng.

4. Bantuan Pengobatan Diabetes

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bagaimana ginseng Amerika bisa menurunkan kadar gula darah pada pasien dengan diabetes tipe 2.

Studi lain di Inggris menyoroti sifat glukoregulasi ginseng, yang juga bisa membantu meningkatkan kinerja kognitif yang terkait pada individu.

Juga ditemukan untuk meningkatkan sensitivitas insulin dan ini semakin membuktikan fakta bahwa ginseng bisa membantu penderita diabetes mengelola kondisi mereka dengan cukup baik.

Barbie Kumalasari dan Galih Ginanjar Cerai, Ini Postingan Indra

Jaga Kekompakan dengan Gowes Bersama

Yudisium FKIP Unismuh, Mahasiswa Sosiologi Raih IPK Tertinggi

Menaikkan Iuran BPJS Dinilai Bukan Solusi, Ini Saran Pakar

Kecam Kebiadaban Separatis di Wamena, PGK Sulsel Minta Presiden Pecat Menkopolhukam

5. Meningkatkan Fungsi Paru-Paru

Studi menemukan bahwa suplementasi ginseng bisa menurunkan bakteri paru dan bahkan mencegah fibrosis kistik, fungsi paru-paru yang umum.

Ada penelitian yang juga mendukung kemampuan tanaman ini untuk mengobati COPD, atau penyakit paru obstruktif kronis – kondisi paru-paru yang melemahkan yang ditandai dengan aliran udara yang buruk. Juga bahkan bisa meningkatkan kapasitas olahraga pada pasien.

6. Membantu Mengatasi Kanker

Kemampuan ginseng untuk menghambat pertumbuhan tumor bisa membuatnya menjadi pencegah yang kuat untuk kanker. Meningkatkan kekebalan sel dengan meningkatkan fungsi sel T dan sel NK (sel pembunuh alami). Ini juga melawan stres oksidatif dan mempromosikan kematian sel kanker. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...