Abdul Rachmat Noer : Robot Tidak Bisa Bikin Cucuru Bayao dan Barongko

0 Komentar

FAJAR. CO.ID, MAKASSAR — Perkembangan Era Industri 4.0 dikenal dengan kecanggihan teknologi robotisasi. Beberapa pekerjaan pun akan hilang digantikan dengan robot. Tidak demikian dengan koki.

General Manager of Human Capital and General Affairs, PT Semen Tonasa, Abdul Rachmat Noer saat memberikan kuliah umum mengutarakan, pekerjaan yang masih akan eksis dan tidak bisa digantikan dengan robot, yakni pemandu wisata, desainer, desain grafis, pemahat patung, ahli gizi, terapis, dan petugas kesehatan.

Industri 4.0 terciptanya lapangan kerja baru. Merangsang tumbuhnya industri kreatif. “Ada lagi pekerjaan yang tidak bisa digantikan dengan robot, yakni pembuat kue. Robot tidak bisa bikin kue Makassar, seperti cucuru bayao atau barongko,” candanya di Aula Pascasarjana STIE Amkop, Senin (30/09/2019).

Bakal Calon Walikota Makassar ini, memaparkan seorang entrepreneur, harus percaya diri, punya keyakinan yang tinggi, dan punya jiwa leadership. Namun, menurutnya jujur dan tekun adalah modal yang paling besar dalam berbisnis.

“Modal yang lebih besar adalah kepercayaan, biar bagaimana hebatnya berbisnis kalau tidak dipercaya, tidak akan sukses,”tegasnya. (aas)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...