Kurangi Risiko Bencana, BPBD Bentuk Desa Tangguh Bencana

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,MAROS— Badan Penanggulangan Bencana Daerah menggelar Pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana) Kabupaten Maros, Senin, 30 September di ruang Serbaguna Maros.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Maros, HA Harmil Mattotorang. Ia mengaku mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan pembentukan desa tangguh bencana (destana).

Dia berharap ini bisa menjadi starter point untuk mewujudkan satu perangkat kesiapsiagaan bencana untuk meningkatkan kapasitas kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana di desa.”Sehingga risiko yang mungkin timbul akibat bencana dapat diminimalisir atau dikurangi,” katanya .

Melalui kegiatan ini Harmil juga berharap agar masyarakat desa bisa memahami ancaman bencana yang ada di desanya dan bagaimana cara untuk mengatasi ancaman tersebut.

Ke depannya kata dia, melalui pembentukan Destana ini bisa terbentuk desa-desa yang tangguh terhadap bencana.”Jika desa tangguh bencana sudah terbentuk, desa tersebut akan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi potensi ancaman bencana. Serta memiliki kemampuan untuk memulihkan diri dengan segera dari dampak-dampak bencana yang merugikan,” katanya. Menurutnya pembentukan desa tangguh bencana ini sangat urgen untuk diwujudkan. (rin)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...