Enzim Pencernaan, Ini 6 Makanan yang Perlu Dikonsumsi

0 Komentar

FAJAR.CO.ID– Ketika makan, sistem pencernaan terutama lambung dan usus mulai bekerja mengumpulkan protein, vitamin, lemak, dan karbohidrat dari makanan yang Anda konsumsi. Namun itu membutuhkan enzim pencernaan.

Nutrisi ini memasuki aliran darah, dan tubuh menggunakannya untuk energi, pertumbuhan, dan perbaikan. Tetapi, semua ini tidak akan terjadi tanpa enzim pencernaan.

Enzim pencernaan membantu usus memecah makanan dan memberikan vitamin, mineral, protein, dan banyak nutrisi lain di tubuh.

Meskipun tubuh memproduksi enzim, Anda bisa membantu sistem pencernaan dengan mengonsumsi makanan yang secara alami tinggi dalam bantuan pencernaan ini.

Berikut jenis makanan yang secara alami menghasilkan enzim seperti dilansir laman Care2;

  1. Pisang

Pisang mengandung dua enzim -amilase dan maltase- yang membantu memecah karbohidrat kompleks menjadi gula yang lebih mudah diserap.

Tentu saja, pisang juga dikenal dengan potasium dosis tinggi, dan juga mengandung serat untuk membantu agar pencernaan berjalan dengan lancar.

  1. Kefir

Kefir dibuat dengan menambahkan kultur ragi dan bakteri (disebut butir) untuk susu, yang menghasilkan minuman susu fermentasi (atau susu non-susu).

Proses fermentasi memberikan kefir lipase enzim pencernaan, laktase dan protease, yang membantu memecah lemak, laktosa dan protein.

  1. Avocado

Alpukat mengandung enzim lipase pencernaan, yang membantu Anda mencerna lemak menjadi molekul yang lebih kecil, sehingga menghilangkan perasaan tidak nyaman dan gangguan pencernaan setelah mengonsumsi makanan berlemak sangat tinggi.

Sebagai manfaat tambahan, penelitian menunjukkan bahwa alpukat juga bisa membantu mengurangi tingkat peradangan.

  1. Nanas
    Nanas mengandung sekelompok enzim pencernaan yang disebut bromelain, yang memecah protein menjadi blok bangunan. Namun, enzim ini sensitif terhadap panas, sehingga cara optimal untuk mengonsumsi nanas jika Anda mencari manfaat enzim pencernaannya adalah dengan dimakan mentah.

Hillary Briggita Lasut Bisik Abdul Wahab Dalimunthe: Ketok Satu Kali

PermataBank Makassar Edukasi Literasi Keuangan ke SLB YPAC

Serikat Buruh Tolak Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

Istri Raul Lemos Krisdayanti Ucapkan Ini Jelang Pelantikan

Mulan Jameela: Aku Sekarang Berada di Gedung Nusantara IV

  1. Mangga

Pernahkah Anda membeli mangga keras, membiarkannya berada di atas meja Anda dan kemudian Anda menikmatinya beberapa hari kemudian setelah mangga melunak?

Alasan mangga melunak adalah karena enzim di dalam mangga. Seperti pisang, mangga mengandung amilase, untuk membantu memecah pati menjadi gula pencernaan, juga kadang-kadang disebut maltosa.

  1. Jahe

Jahe sangat dihargai karena kemampuannya membantu meredakan mual, tetapi juga mengandung enzim yang disebut zingibain yang bahkan bisa membantu meningkatkan produksi enzim pencernaan dalam tubuh.

Zingibain juga membantu tubuh mencerna protein ke dalam blok bangunan. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment