Para Alumni Dorong Mahasiswa Belajar ke Luar Negeri dengan Beasiswa

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Menjelang atau setelah lulus, mahasiswa akan mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia kerja. Namun, tidak jarang dari mereka memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Pertimbangan lanjut studi bukan sekadar kemauan mereka, tetapi tuntutan persaingan dunia kerja yang semakin tinggi yang membutuhkan kualifikasi pendidikan tenaga kerja yang tinggi pula.

Seperti halnya mencari pekerjaan, melanjutkan pendidikan magister dan doctoral pun bukan hal yang mudah. Pendidikan semakin mahal sehingga hanya kelompok-kelompok tertentu yang bisa mengaksesnya.

Kabar baiknya, pemberi beasiswa baik dari pihak pemerintah maupun swasta juga semakin banyak. Mereka siap memberikan beasiswa penuh kepada orang-orang yang dianggap pantas dan memiliki kualifikasi.

Atas dasar inilah, dianggap perlu untuk terus mendorong mahasiswa untuk melanjutkan studi dengan memanfaatkan peluang beasiswa yang ada. Salah satunya melalui kegiatan Scholarship Sharing and Mentoring + TOEFL Simulation yang dilaksanakan pada Sabtu, 28 September 2019 di ruang LT Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Alauddin Makassar.

Pembicara pada kegiatan ini adalah Rezky Ramadhani dan Ahmad yang merupakan penerima beasiswa LPDP University of Aberdeen Inggris, serta Arifuddin Balla yang merupakan penerima beasiswa Fulbright dari Southern Illinois University Amerika. Mereka membagikan pengalaman mereka kuliah di kampus masing-masing dan bagaimana kerja keras mendapatkan beasiswa.

Melalui kegiatan ini, peserta tidak hanya diberikan motivasi untuk kuliah ke luar negeri, tapi juga tip dan trik bagaimana mempersiapkan diri untuk mendapatkan beasiswa.

Kegiatan ini diapresiasi baik oleh pihak Fakultas, Dr Hasyim Haddade MAg, selaku Dekan Fakultas Adab dan Humaniora pun turut hadir membuka acara di tengah kesibukannya. Hadir pula Wakil Dekan III, Nur Akbar Rasyid MEd PhD, para dosen jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, dan tentu para peserta mahasiswa baik yang berasal dari dalam maupun luar fakultas. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...