Ketua DPR Puan Maharani Miliki Harta Melimpah, Ini Jumlahnya

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang juga Ketua DPR masa bakti 2019-2024 Puan Maharani, telah melaporkan harta kekayaan melalui e-LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) ke Komisi Pemberantasan Korupsi tahun 2018, Rabu (2/10), Puan memiliki total harta kekayaan sebesar Rp 363,7 miliar.

Dalam e-LKHPN, mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) tersebut memiliki 74 bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta, Bali dan Bogor. Dia memiliki tanah dan bangunan ditaksir bernilai Rp 148,8 miliar.

Selain itu, mantan Ketua Fraksi PDIP ini memiliki sepuluh kendaraan bermotor. Mulai dari Mercedes Benz, Volkswagen Beetle dan motor Harley Davidson dengan taksiran senilai Rp 1,5 miliar.

Harta kekayaanKetua DPR Puan Maharani didominasi kepemilikan surat berharga bernilai Rp 208 miliar. Puteri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ini memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp 5 miliar, kas dan setara kas senilai Rp 49,5 miliar. Hartanya itu dikurangi dengan utang sejumlah Rp 49,7 miliar.

Bawaslu Kota Makassar Keciprat Rp19,3 Miliar

Ucapan Selamat dari Fraksi PKS DPRD Sulsel dan RS Sandi Karsa

Pasar Tempe Usai Terbakar, Masalah Mulai Bermunculan

Pengungsi Korban Kerusuhan Wamena saat Tiba di Lanud Hasanuddin

Tokoh KNPB dan ULMWP Tersangka Rusuh Wamena Papua

Bahkan, jumlah kekayaan Ketua DPR Puan Maharani meningkat signifikan dalam jangka waktu 8 tahun. Menurut data LHKPN KPK, pada 2010 Puan baru memiliki kekayaan berjumlah Rp 34,4 miliar. Saat itu, ia menjabat sebagai Anggota DPR periode 2009-2014.

Kemudian pada 2012, jumlah hartanya meningkat pesat menjadi Rp 147,1 miliar. Pada dua tahun berikutnya, saat baru menjabat sebagai Menko PMK, jumlah hartanya kembali meningkat menjadi Rp 162,5 miliar.

Pada 2017, harta kekayaan Puan kembali meningkat hampir dua kali lipat yaitu Rp 302,7 miliar. Pada saat itu, harta kekayaannya didominasi kepemilikan tanah dan bangunan senilai Rp 116,8 miliar, serta surat berharga senilai Rp 114,1 miliar. (jp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...