Pangdam: Zainal Basri Palaguna Tentara Hebat yang Ahli Pemerintahan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sebelum terpilih sebagai Gubernur Sulsel pada 1993, Zainal Basri Palaguna dulunya seorang tentara. Pangkat terakhirnya Mayor Jenderal (Mayjen).

Sebagai tentara, Zainal Basri Palaguna sempat menjabat sebagai Pangdam di Kodam XIV Hasanuddin yang kala itu bernama Kodam VII Wirabuana. Kepemimpinannya disebut membawa ketentraman warga Sulawesi.

Hanya saja, kepergiannya membuat warga Sulawesi sedih. Salah satu tokoh yang membesarkan nama Sulsel itu meninggal dunia, pada Rabu, 2 Oktober 2019, sore tadi.

Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Surawahadi, turut berduka cita atas kepergiannya. Semua keluarga besar Kodam XIV Hasanuddin berduka dan mendoakan mantan Pangdam itu diberikan tempat terbaik, yakni surga.

“Jujur, beliau yang saya tahu dalam sejarah, adalah termasuk tentara yang hebat, tentara yang luar biasa khususnya zaman awal Kodam ini. Beliau bukan hanya tentara, tetapi juga ahli pemerintahan,” kata Surawahadi, di rumah duka.

Zainal Basri Palaguna, sambungnya terpilih sebagai gubernur dua priode berkat kemampuannya. “Kami generasi penerus ini sebetulnya ingin banyak belajar bisa seperti beliau, tetapi Allah menghendaki harus segera berpulang,” ungkapnya.

Sekali lagi, lanjutnya, mari doakan semoga arwahnya ditempatkan yang terbaik di sisi Allah SWT. “Dan, yang ditinggalkan diberikan ketabahan mudahan-mudahan beliau dimudahkan jalannya menuju surga,” tuturnya.

Seluruh anggota TNI, kata Surawahadi, hormat dan salut kepala Zainal Basri Palaguna yang banyak berbuat bagi wilayah ini. Baik bagi tentara sendiri dan juga di Pemerintah Sulsel. (ans)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...