Pasar Tempe Usai Terbakar, Masalah Mulai Bermunculan

FAJAR.CO.ID, SENGKANG -- Pengelolaan pasar di Kabupaten Wajo belum maksimal. Terbukti pasca kebakaran Pasar Tempe, di Kecamatan Tempe pada akhir Agustus lalu, permasalahan mulai banyak bermunculan.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Wajo, Andi Sudarmin saat bertemu FAJAR di Gedung DPRD Wajo, Selasa, 1 Oktober.

Kata dia, ada dua permasalahan yang berkembang di Pasar Tempe. Hal tersebut baru mencuat setelah dilakukan pendataan pedagang yang menjadi korban kebakaran.

"Ada pedagang memiliki Surat Izin Penempatan (SIP) kepemilikan tempat tapi tidak pernah dilihat menjual. Namun ada yang betul-betul menjual, tetapi tidak mengantongi SIP," ucapnya.

Dia menambahkan, munculnya pedagang baru dengan bukti SIP kepemilikannya, diduga menyewakan pemakaian tempat usaha dalam area pasar.

"Begitu sekarang yang muncul dan meminta untuk didata. Tidak boleh begitu atau memindah tangankan tempat, ini pelanggaran bertentangan Perpres No. 112 tahun 2007 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern," terangnya.

Hanya saja, ia belum ingin membeberkan data jumlah pedagang baru memiliki SIP dan pedagang korban kebakaran tanpa SIP tersebut.

Di dalam Pasar Tempe sendiri, terdapat sebanyak 448 petak los, 64 kios, dan 180 pelataran.

"Pokoknya banyak di situ pedagang baru yang muncul," ungkapnya.

Pengungsi Korban Kerusuhan Wamena saat Tiba di Lanud Hasanuddin

Kanker Ria Irawan Sempat Sembuh, Kambuh Karena Ini

Tokoh KNPB dan ULMWP Tersangka Rusuh Wamena Papua

Ribuan WNI Pindah Kewarganegaraan Filipina, Ini Alasannya

Polri Tetapkan Dosen IPB Abdul Basith Tersangka, Ini Perannya

Walaupun begitu, pihaknya tetap akan mengutamakan pedagang lama yang menjadi korban kebakaran pada Agustus lalu itu. Sementara pedagang baru akan diakomodir jika ada tempat lebih.

"Kita usahakan semuanya masuk, kan semakin banyak pedagang pemasukan semakin besar," tandasnya. (man)

Ratusan pedagang untuk sementara direlokasi berjualan di halaman Pasar Tempe, Kelurahan Tempe Kecamatan Tempe, pasca kebakaran yang terjadi pada Sabtu, 24 Agustus.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...