Tambah Penghasilan, Ini Kreativitas Warga di Ujung Tanah

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Jika ingin berusaha, pasti ada jalan. Prinsip ini diterapkan warga Kelurahan Tabaringan, Kecamatan Ujung Tanah.

Mereka memanfaatkan sampah yang bisa didaur ulang menjadi bahan baru yang bernilai ekonomi. Seperti kaleng minuman kemasan aluminium yang diubah menjadi hiasan bunga.

Bahan seperti koran dan kertas bekas juga tidak luput dari tangan kreatif warga. Mereka mengubahnya menjadi vas bunga atau tatakan toples.

Ketua Bank Sampah Unit Maju Bersama, Jusmiah, mengatakan, bahan yang diolah menjadi bahan lain, berasal dari warga juga. Mereka yang mengumpulkan bahan dari sampah rumah tangga.

“Ada warga atas nama Kasmidar, tabungan sampahnya telah mencapai angka Rp845 ribu. Dia sangat ulet menyetorkan sampah plastik dan kalengnya kepada kami. Ini bukti keseriusan warga mengelola sampah,” kata Jusmiah.

Wanita yang akrab disapa Mia ini menjelaskan, selain mengolah sampah, warga juga menghasilkan beberapa produk lain. Seperti abon ayam dan sandal kreasi. Usaha tersebut cukup membantu penghasilan keluarga.

“Cukup menjanjikan hasilnya. Hanya saja, masih dikelola secara tradisional, sehingga belum banyak beredar,” ujarnya.

Camat Ujung Tanah, Andi Unru, menjelaskan, pemerintah sangat mengapresiasi perubahan di Lorong 156 Kelurahan Tabaringan. Kreativitas warga yang mengolah pelbagai bahan menjadi barang baru sangat dibutuhkan.

“Nanti kita coba usahakan bagaimana pemasaran yang baik. Jika dilakukan dengan baik kita akan mendapatkan keuntungan yang lebih pula,” tambahnya. (edo)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...