Fadel Muhammad, Bamsoet, Ahmad Muzani Bersaing Ketua MPR

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Senator dari Gorontalo Fadel Muhammad bakal bersaing untuk mendapatkan posisi ketua MPR, Kamis (3/10) hari ini. Fadel dikabarkan akan bersaing dengan Bambang Soesatyo alias Bamsoet (Golkar) dan Ahmad Muzani (Gerindra).

Keinginan Fadel untuk menjadi ketua MPR disampaikannya setelah terpilih sebagai calon pimpinan MPR mewakili unsur DPD RI dalam Sidang Pleno Kelompok DPD RI di MPR, Rabu (2/10) malam.

Fadel Muhammad beranggapan sebagai fraksi dengan jumlah terbesar, Pimpinan MPR RI dari unsur DPD RI harus memperoleh posisi sebagai Ketua MPR. Hal tersebut diyakini dapat memudahkan perjuangan DPD RI dalam menyejahterakan daerah.

“Kita harus memilih Pimpinan MPR dari fraksi dengan jumlah yang terbesar. Saya akan memperjuangan dari DPD menjadi ketua MPR,” ucap Fadel Muhammad, tadi malam.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan di Era Kabinet Indonesia Bersatu II pemerintahan SBY itu, terpilih jadi calon pimpinan MPR dari unsur DPD melalui pemungtan suara atau voting dengan Gusti Kanjeng Ratu Hemas (Senator DI Yogyakarta), Yorrys Raweyai (Senator Papua Barat), dan Dedi Iskandar, Senator dari Sumatera Utara.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Bamsoet disebut-sebut sebagai calon kuat ketua MPR. Selain Bamsoet, belakangan muncul nama Ahmad Muzani yang diusung Fraksi Gerindra. Jika tidak ada kesepakatan dalam forum musyawarah maka posisi ketua MPR akan ditentukan melalui voting. Siapa pemenangnya: Bamsoet, Muzani atau Fadel Muhammad?

Untuk diketahui, Agenda MPR/DPR/DPD RI, Kamis (3/10) adalah pertemuan konsultasi pimpinan Kelompok DPD RI dengan pimpinan DPD RI di ruang kerja Ketua DPD RI dimulai pukul 09.00. Selanjutnya, pukul 10.00 WIB digelar Rapat gabungan pimpinan sementara MPR RI dengan pimpinan fraksi dan kelompok di Gedung Nusantara.

Kemudian pukul 12.15 WIB diadakan Pertemuan dengan purnabakti Anggota DPD RI periode 2014-2019 di ruang kerja Ketua DPD RI, serta pukul 19.00 WIB digelar Sidang Paripurna MPR RI dengan agenda pemilihan pimpinan MPR RI di Gedung Nusantara.

Perempuan ini Ciptakan Fungisida dari Kulit Kakao

Rapat Paripurna Molor, Hanya Istri Kamrussamad Tepat Waktu

Aktris Ririn Ekawati: Jadi Kenapa Sering Ketemu, Ya Karena Itu

BPOM Sulsel Dorong Kantin Sekolah Siapkan Jajanan Bergizi

Pemerintah Sidrap Kunjungi Benchmarking di Berbagai Daerah

Menang Voting

Fadel terpilih sebagai calon pimpinan MPR dari unsur DPD RI setelah menang dalam pemungutan suara atau voting dengan meraih 59 suara, menyisihkan GKR Hemas (DI Yogyakarta) di posisi kedua memperoleh 46 suara, Yorrys Raweyai (Papua Barat), mendapatkan 16 suara, dan 5 suara untuk Dedi Iskandar Batubara (Sumatera Utara).

Fadel Muhammad saat menyampaikan visi dan misinya, Fadel Muhammad berbicara mengenai amendemen UUD 1945 untuk tujuan penguatan DPD RI. Melalui penguatan tersebut, DPD RI dapat semakin kuat dalam melaksanakan fungsinya sebagai wakil daerah yang memperjuangkan aspirasi daerah.

“Saya menyadari untuk membuat amandemen UUD 1945 tidak mudah, tapi saya menginginkan DPD lebih berfungsi, lebih mendapatkan peran yang besar. Saya akan berjuang mati-matian agar dana transfer daerah sebesar 800 T harus menjadi keputusan atau pegangan dari DPD. Jika kita ke daerah, kita bisa membawa sesuatu,” tegas Fadel Muhammad. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...