Fadel Muhammad Incar Ketua MPR, Lobi Megawati Soekarnoputri

Kamis, 3 Oktober 2019 07:41

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pemilihan Ketua MPR periode 2019-2024 akan digelar dalam sidang paripurna Kamis (3/10) malam. Pimpinan MPR dari unsur kelompok DPD RI, Fadel Muhammad akan menemui Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Saya juga akan bertemu dengan Ibu Megawati, saya kenal baik dengan beliau. Saya akan konsultasi dengan beliau karena PDIP, partai pemenang pemilu,” kata Fadel usai Rapat Pleno Kelompok DPD RI di MPR di Gedung Nusantara V, Jakarta, Rabu (2/9) malam.

Fadel menyebut, tiga kelompok yang akan memperebutkan kursi Ketua MPR, yaitu Golkar bersama PPP, PKB, dan Nasdem.

Kedua, lanjut dia, Gerindra bergabung dengan PDIP, dan kelompok ketiga adalah Demokrat dan PAN.

“DPD nanti akan rapatkan, kita lihat, kalau kami bergabung, katakan tinggal dua kelompok saja. Kami bergabung ke mana? Kalau voting, kami akan menang. Maka, kami akan bicarakan secara internal dengan teman-teman DPD, kemudian kita akan menentukan sikap, apa sikap yang kita mau ambil,” ujarnya.

Fadel yang juga mengincar kursi ketua MPR, pada Kamis (3/10) pagi ini akan bertemu dengan pimpinan empat partai politik. Namun, tidak disebutkan parpol mana saja.

Ia akan menjajaki dengan tiga kelompok, mana yang berkomitmen untuk penguatan DPD RI ke depan karena selama ini DPD dilihat “sebelah mata”.

“Untuk itu, dengan keberadaan saya di MPR, kami ingin membikin perubahan supaya ada kesetaraan antara DPD dan DPR,” katanya.

Distribusi Air PDAM Tirta Mangkaluku Digilir Selama Kemarau

Raffi Ahmad: Media Bilang Gue Playboy Lah, Nagita Fine-fine Aja

Priyadi Ingatkan Sinergi dan Kolaborasi Bukan Sekadar Slogan

Dibantu Warga Setempat, Rahmatiah Selamat Setelah Enam Jam Bersembunyi di Kandang Babi

Presiden Beneran

Namun, terkait tiga kelompok yang memerebutkan kursi ketua MPR, kini sudah berubah. PDIP yang menurut Fadel berada dalam satu kelompok dengan Gerindra, ternyata menyatakan mendukung Bambang Soesatyo untuk menjadi ketua MPR.

“Partai kami akan mendukung Bambang Soesatyo dari Fraksi Partai Golkar sebagai calon Ketua MPR,” kata Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah, Rabu.

Begitu juga PAN yang disebut Fadel satu gerbong dengan Demokrat. Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay menyatakan partainya telah memutuskan sikap, yakni mendukung Bamsoet untuk menjadi ketua. (jpnn)

Komentar