Versi Kapolda, Begini Kondisi Terkini Wamena

Kamis, 3 Oktober 2019 22:13

FAJAR.CO.ID,PAPUA–Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw memberi sedikit gambaran atas kondisi di Wamena per Kamis (3/10) ini. Menurut dia, Wamena mulai berangsur pulih sejak pecahnya kerusuhan beberapa hari lalu.

“Situasi mulai pulih dan berangsur normal,” kata Paulus saat dihubungi awak media, Kamis (3/10).

Roda perekonomian mulai menggeliat di Wamena. Pedagang telah menjajakan aneka kebutuhan pokok di pasar-pasar. Jalan-jalan di tengah kota, kata Paulus, sudah mulai ramai dilalui kendaraan. Indikator itu menandakan kondisi keamanan Wamena mulai berangsur normal.

Meski begitu, kata dia, aparat keamanan tetap disiagakan di Wamena. Berjaga di lokasi vital untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan.

“Aparat keamanan akan terus menjaga situasi, sekaligus terus mengembangkan penyidikan untuk melakukan pengejaran terhadap para pelaku kerusuhan. Kemarin kami sudah menahan tujuh tersangka, dan kami akan terus mengejar pelaku lainnya demi sama-sama menegakkan hukum,” ucap dia.

Sementara itu, Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Arif Budimanta berharap pemulihan Wamena dari sisi ekonomi dan sosial bisa berjalan dengan cepat.

“Saya berharap hal-hal positif yang sudah terjadi di Papua, baik itu pertumbuhan ekonomi dan situasi politik serta sosial yang kondusif tetap terjaga agar sama majunya dengan wilayah Indonesia lainnya,” ucap dia dalam keterangan resminya.

Pemerintah, katanya, berupaya keras untuk mewujudkan keadilan di Wamena. Contohnya, pemerintah membuat program Indonesia Pintar hingga Beasiswa Pendidikan Indonesia.

“Pemerintah juga menjalankan berbagai program termasuk, program Indonesia Pintar, Beasiswa Pendidikan Indonesia Afirmasi baik untuk lanjutan pendidikan di dalam dan luar negeri,” tutur dia. (jpnn)

Bagikan berita ini:
5
6
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar