AAS: Surya Paloh Perjuangkan Uwe Aras Pimpin Golkar Sulbar

FAJAR.CO.ID, MAMUJU– Dinamika perpolitikan di Sulbar bergerak cepat jelang pilkada serentak 2020 di empat kabupaten. Yakni Pilkada Mamuju, Mamuju Tengah (Mateng), Majene dan Pasangkayu. Partai-partai politik pun mulai menata kembali kepengurusannya, termasuk Partai Golkar yang selama lima tahun terakhir dipimpin Plt Ibnu Munzir.

Pasca menyatakan mundur dari Partai Demokrat pada 23 September lalu, kans Aras Tammauni (Uwe Aras) yang juga Bupati Mateng memimpin Golkar makin kuat. Selain disampaikan langsung Aras saat pengunduran dirinya, juga dibenarkan mantan Ketua Golkar Sulbar selama dua periode, Anwar Adnan Saleh (AAS) yang kini telah berbaju Nasdem.

AAS yang dikonfirmasi via telepon menyampaikan kans tersebut sangat terbuka. Pihaknya bahkan telah mengkonfirmasi langsung dan menyampaikan bahwa ketua umumnya di Partai Nasdem, Surya Paloh telah menelepon Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto untuk mengakomodasi figur Uwe Aras.

“Bagaimanapun saya dan Pak Surya Paloh kan sama-sama dari Golkar. Dan yang di Golkar itu masih adik-adik beliau. Pak Airlangga, Bamsoet (Bambang Soesatyo) dan lainnya, ” kata AAS, Jumat, 4 Oktober. AAS sendiri telah bertemu Uwe Aras di salah satu hotel berbintang di Jakarta pada Selasa, 2 Oktober lalu terkait kesiapan Uwe memimpin Golkar Sulbar tersebut.

Menurutnya, Surya Paloh yang juga mantan Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar sangat mengapresiasi langkah cepat yang diambil Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat ini, untuk membenahi kepengurusan Partai Golkar Sulbar sesegera mungkin, bahkan sebelum Munas Partai, November mendatang .

Temui KH Abdul Hayyie Na’im, Hasto Kristiyanto Ungkap Ini

Wapres Jusuf Kalla Dipercaya Jadi Utusan Khusus Perdamaian

Harta Kekayaan Pimpinan MPR, Fadel Terkaya, Jazilul Termiskin

Maxime Bouttier dan Prilly Latuconsina Putus, Ini Jawabannya

Ahmad Muzani Beber Pembicaraan Prabowo dan Megawati

Anwar sendiri tidak mempersoalkan figur Uwe Aras yang disebut memiliki kans memimpin Golkar Sulbar. Terlebih karena telah mendapat banyak dukungan tokoh berpengaruh dari lintas Partai ditingkat pusat. “Apalagi Nasdem dan Partai Golkar memiliki hubungan emosional dan kesejarahan masa lalu , sekarang dan kedepan. Kita bisa koalisi di banyak pilkada. Saya percaya betul Aras Tamauni (Uwe Aras) adalah sosok yang pantas dan mampu memimpin dan membesarkan PG di Sulbar,” kata Anwar.

Soal kans Uwe Aras ini mendapat banyak apresiasi dari kader Golkar di Sulbar. Di antaranya disampaikan anggota DPRD Sulbar, H Sudirman. Menurutnya, bila itu terealisasi maka tantangan Uwe Aras sisa bagaimana mengkonsolidasikan kader dan pengurus Golkar di tingkat daerah. “Tinggal dukungan dari DPD II yg perlu digalang,” beber Sudirman.

Sekedar diketahui Aras Tammauni saat memimpin Demokrat Sulbar dua periode berhasil menumbangkan Golkar dalam perebutan kursi Ketua DPRD Provinsi. Dalam dua pemilu terakhir Demokrat menjadi peraih kursi terbanyak, sampai akhirnya Uwe menyatakan mundur lantaran tidak sejalan lagi dengan Ketua Demokrat Sulbar saat ini, Suhardi Duka. (nur)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah

Comment

Loading...