Guru dan Siswa SMAN 1 Makassar Waswas, Ini Penyebabnya

MAKASSAR, FAJAR — Guru dan siswa SMAN 1 Makassar makin khawatir pada kondisi sekolahnya.
Banyak retakan di hampir semua sudut bangunan berlantai tiga itu. Mereka waswas sewaktu-waktu gedung sekolah runtuh.

Gedung utama SMA 1 berkonstruksi tiga lantai dan terdiri 33 ruangan. Pantauan FAJAR, Rabu, 2 Oktober, banyak retakan pada hampir semua sudut bangunan. Besi-besi berkarat mulai banyak terlihat. Bahkan, bangunan terasa goyang jika ada sekolompok anak berlarian di lantai dua. Hal itulah yang membuat guru dan siswa SMAN 1 Makassar waswas.

Retakan dan cat yang mengelupas terlihat di hampir semua kelas yang ditempati siswa. Guru terpaksa mengarahkan siswa menjauhi titik retakan. Khawatir sewaktu-waktu bekas cat jatuh dan menimpa siswa yang belajar.

Kepala SMAN 1 Makassar, Arifin Tamma mengatakan, kondisi sekolah yang dibangun 1981 lalu itu sudah membuat waswas sejak sejak 2017. Kini, akses ke lantai tiga telah ditutup dengan seng.

Pihak sekolah menutup 11 ruangan kelas yang berada di lantai tiga sejak 2017. Siswa pun disebar untuk menempati ruangan yang tersisa seperti ruangan laboratorium, aula, dan ruang tata usaha.  “Jadi kalau mau praktik di laboratorium sudah tidak bisa sebab sudah dijadikan kelas,” jelasnya.

Selingkuh Berawal dari Curhat, Sudah Sewa Pembunuh

AAS: Surya Paloh Perjuangkan Uwe Aras Pimpin Golkar Sulbar

Temui KH Abdul Hayyie Na’im, Hasto Kristiyanto Ungkap Ini

Wapres Jusuf Kalla Dipercaya Jadi Utusan Khusus Perdamaian

Harta Kekayaan Pimpinan MPR, Fadel Terkaya, Jazilul Termiskin

Arifin mengatakan kondisi ini jelas sangat memprihatinkan dan membahayakan guru dan siswa SMAN 1 Makassar. Meskipun ingin sekaligus merelokasi siswa tapi semua gedung dan ruangan sudah terpakai.

“Saya tidak bisa apa-apa. Hanya berharap pemerintah bisa sigap dan cepat memberikan solusi,” imbuhnya.
Wakil Kepala SMA 1 Bidang Sarana, Muh Basri menambahkan, berdasarkan pantauan tim Dinas Pekerjaan Umum 2017 lalu, bangunan sekolah ini hanya 30 persen lagi bertahan.

Basri mengatakan, SMAN 1 Makassar telah dikunjungi banyak tokoh penting seperti Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan mengusulkan agar segera dilakukan pembangunan gedung baru.

“Sudah ada proposal yang kami buat dan ajukan ke pusat. Tapi tentu kalau menunggu pasti lama. Kami harap pemrov bisa memberikan perhatian secepatnya,” harapnya. (mum)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah

Comment

Loading...