BPBD Sulsel Dampingi Gubernur Jemput Pengungsi Wamena

Sabtu, 5 Oktober 2019 18:17

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sebagai wujud keprihatinan dan kepedulian terhadap warga sulsel yang menjadi korban kerusuhan yang terjadi di Wamena Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sulsel, Syamsibar, menginstruksikan seluruh jajaranx untuk menjemput warga Sulsel yang datang dari Wamena di Pelabuhan Soekarno Hatta.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Sulsel, Endro Yudo Waryono, mengatakan bahwa Warga Sulsel yang tiba ini berjumlah 209 orang dan untuk sementara akan menetap di Makassar dan di beberapa daerah kampung halamanx seperti di enrekang, sidrap, tana toraja, toraja utara dan beberapa daerah lainnya sampai kondisi di Wamena benar benar kondusif.

Berdasarkan data yang didapatkan, terdapat total 33 orang yang meninggal dunia akibat kerusuhan tersebut. Di antaranya adalah 24 orang Warga Sulsel.

Kepala Seksi Pencegahan, Warham A Yusni, yang ikut dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa pengungsi warga sulsel ini disambut oleh Gubernur Sulawesi Selatan, HM Nurdin Abdullah bersama Pj Wali Kota, HM Iqbal Suaib.

Sebelumnya, Gubernur Sulsel membentuk Tim Kemanusiaan dari Pemerintah Provinsi yang dipimpin oleh Wagub dan Sekda yang beranggotakan unsur dari OPD terkait seperti Dinas Sosial, BPBD, dan Biro Kesra.

Mereka berkunjung ke Wamena untuk memantau serta memberikan bantuan finansial dan memastikan keamanan kepada para perantau warga Sulsel di sana. Termasuk kebutuhan yang diperlukan.

Masih banyak warga Sulsel yang tidak mau meninggalkan Wamena dengan alasan bahwa sudah lama menetap. Rumah dan harta mereka sudah ada di sana bahkan sebagian besar perantau warga Sulsel mengatakan bahwa Wamena sudah menyatu dengan kehidupannya.

Akan tetapi memang dari mereka ada juga yang ingin pulang ke kampung halamannya di Sulsel pasca kerusuhan tersebut, seperti perantau warga sulsel yg kami jemput hari ini menggunakan kapal laut KM Ciremai yang difasilitasi oleh Pemprov Sulsel di Pelabuhan Soekarno Hatta. (rls)

Bagikan berita ini:
2
9
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar