Finalis Duta Antinarkoba Maros Kampanye Door to Door

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAROS- Sebanyak 20 Finalis Duta Antinarkoba Maros melakukan kampanye antinarkoba, dari rumah ke rumah di Desa Majannang, Kecamatan Maros Baru, Minggu, (06/10/19).

Mereka melakukan kampanyer door to door ini setelah mendapatkan materi khusus tentang Narkoba.

Ini merupakan kegiatan terakhir dalam pelaksanaan pembekalan dan karantina Finalis Duta Antinarkoba Maros angkatan III, yang telah berlangsung selama tiga hari berturut-turut di desa yang telah dicanangkan sebagai kampung antinarkoba ini.

Mereka pun nampak antusias mendatangi rumah-rumah warga. Meski beberapa rumah yang mereka datangi itu harus melintasi medan yang cukup sulit. Sebab mereka harus melintas di pematang empang yang jalanannya bebatuan.

Ketua Panitia, Nur Anita mengatakan, sosialisasi dengan terjun langsung ke masyarakat itu sangat efektif untuk mengukur sejauh mana pengetahuan warga terkait bahaya narkoba.

Hasilnya kata dia, masih banyak warga yang tidak mengetahui apa itu narkoba.

“Ini langkah awal bagi para finalis untuk mengetahui peran meraka di tengah masyarakat, karena ilmu yang mereka dapatkan selama karantina itu langsung mereka praktikkan ke masyarakat. Dan ternyata setelah mereka turun itu banyak warga yang memang sangat awam dengan masalah ini,” jelasnya.

Dia juga mengatakan selain memberikan sosialisasi secara singkat kepada warga, Finalis Duta Antinarkoba Maros juga menempelkan stiker kampanye antinarkoba di setiap rumah warga yang mereka datangi.

Adyla Rafa Naura Ayu: Paling Takut Kalau Papa Sudah Begitu

Ketua YLBHI Asfinawati: Jadi Diuji Kenegarawanan Presiden

Ketua MPR Bambang Soesatyo Minta Jokowi Miliki Sensitivitas

Kuota CPNS 2019 Sebanyak 197.111 Ternyata Belum Final

Silaturahmi Wapres Jusuf Kalla dengan Pj Wali Kota Makassar

Dari sekitar 500 rumah yang ada di desa itu, para Finalis Duta Antinarkoba Maros berhasil menyelesaikan sosialisasi pada 300 rumah.

“Jadi sosialisasi ini memang baru tahapan awal. Nantinya, kita akan kembali melakukan kampanye door to door secara berkala dan sekaligus meriset tingkat pemahaman warga. Termasuk nanti kita akan lakukan kepada komunitas pemuda, sekolah dan anak-anak,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Granat Maros, Muhammad Bakri mengatakan setelah tahapan karantina, akan ada tahapan selanjutnya sampai pada pemilihan juara dari Finalis Duta Antinarkoba Maros dan penobatan Duta Antinarkoba.

Dia mengatakan pemilihan Duta Antinarkoba ini sudah memasuki tahun ketiga yang ia laksanakan.

“Ini merupakan salah satu upaya kita untuk ikut berperan dalam pencegahan bahaya narkoba di tengah masyarakat. Kami sengaja mengambil satu desa sebagai pilot project, nantinya dari desa kita akan berangkat ke tingkat kecamatan sampai kabupaten,” jelasnya. (rin)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...