Pupuk Budaya Riset Sejak Dini, SMPIT Nurul Fikri Makassar EXPO Riset KTI

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Aktivitas riset yang umumnya hanya dilakukan oleh praktisi pendidikan tingkat tinggi tidak berlaku di SMPIT Nurul Fikri Makassar. Sejak kemarin Senin (7/10) hingga hari ini (8/10/2019) menjadi hari yang luar biasa bagi murid SMP Nurul Fikri Makassar. Pasalnya, murid-murid berkesempatan mempresentasikan ide-ide kreatif dan inovatif mereka melalui pameran Karya Tulis Ilmiah mereka.

Kegiatan yang mengusung tema "Kreatif dan Inovatif menuju Indonesia Gemilang ini" diikuti oleh seluruh murid SMPIT Nurul Fikri Makassar yang terbagi menjadi tidak kurang dari 40. Mereka mempersiapkan semua ini kurang lebih satu bulan lamanya.

Dari kegiatan Expo riset ini berbagai macam judul. Di antaranya "Pemanfaatan Limbah Dapur Sekolah untuk Pembuatan Pupuk Organik dan Media Tanam Sayur-sayuran di SMPIT Nurul Fikri Makassar". Ananda Rayyan dan tim selaku pemilik judul berpendapat bahwa limbah organik dapur yang selama ini langsung dibuang, bisa dimanfaatkan dan disinergikan dengan program "Go Green" Sekolah yang telah diusung oleh sekolah. Sehingga kedepannya sekolah yang menjadi hijau karena tumbuhan, kemudian bisa mandiri dalam pemenuhan kebutuhan sayuran dan menjadi produsen pupuk organik.

Seluruh murid sangat antusias mengikuti acara ini, Muhammad Tufail, murid yang duduk di kelas IX menuturkan "kegiatan expo seperti ini sangat bagus, kami bisa berbagi pengalaman dan ide serta memompa kami untuk terus belajar." Tuturnya semangat.

Expo riset ini merupakan program yang dibentuk oleh Tim Riset SIT Nurul Fikri Makassar untuk menanamkan semangat riset sejak dini. Ustadz Abu Bakar selaku Kepala SMPIT Nurul FIkri Makassar menuturkan, "Penemuan besar oleh manusia yang kita kenal di dunia, semua diawali oleh percobaan yang berkali-kali, kita harap dari kegiatan ini, lahir ide ide baru yang bisa memberikan manfaat kepada umat manusia". Ujarnya saat membuka kegiatan.

Kegiatan expo riset ini terdiri dari 3 batch dan merupakan rangkaian dari Milad 10 tahun SIT Nurul Fikri Makassar. Puncak kegiatan ini akan diadakan pada bulan Desember dengan melibatkan masyarakat dan sekolah luar. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...