UMI Jalankan Pendampingan PT Asuh Prodi Unggul

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — UMI melaksanakan Bimbingan Teknis dan Evaluasi Program Asuh Prodi Unggul 2019. Diikuti lima PT mitra yang dibina. Salah satu program yang berpeluang dijalankan adalah pemagangan dosen.
Program Asuh Perguruan Tinggi (PT) Unggul merupakan program Direktorat Penjaminan Mutu, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristekdikti. Program ini diselenggarakan untuk memfasilitasi perguruan tinggi unggul (A) untuk mengasuh (membimbing) PT lain yang mutunya masih perlu ditingkatkan.
Kali ini UMI berkesempatan melaksanakan pendampingan implementasi SPMI kepada Perguruan Tinggi lain (PTS) yang terakreditasi peringkat C. Di antaranya Universitas Iqra Buru Namlea, Universitas Madako Tolitoli, STAI Al-Munawwarah Tolitoli, STIP Mujahidin Tolitoli, dan STIE Mujahidin Tolitoli.
Kepala Subdit Penguatan Mutu Direktorat Penjaminan Mutu, Belmawa Kemenristekdikti, Masluhin Hajaz mengutarakan, Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) sangat penting untuk dijalankan. Bukan hanya sekadar membuat program, tapi tidak dijalankan. “Di sinilah peran UMI, bagaimana meningkatkan mutu prodi melalui SPMI. Jika PTS mitra belum paham, harus didampingi,” ungkapnya di ruang rektorat Menara UMI, Selasa, 8 Oktober.
Tak hanya itu, UMI sebagai PT yang memberikan pendampingan bisa membuka program magang untuk dosen mitra. Agar dosen bisa tahu budaya yang diterapkan di UMI. “Jika dosen mitra melaksanakan magang selama dua bulan di UMI, diharapkan akan merasakan atmosfir pengembangan mutu prodi yang diikuti, supaya bisa diterapkan di kampus masing-masing,” sebutnya.
Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UMI, Prof Dr H Abdul Makhsud DEA menambahkan, dalam pendampingan ini ada tiga rancangan program PT Asuh, yakni peningkatan peringkat akreditasi PTN dan PTS, peningkatan kompetensi Auditor dan Pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI), dan Penguatan Tata kelola Sistem Penjaminan Mutu (SPM) dan Implementasi SPMI. (aas)
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam

Comment

Loading...