Ummat Fest 2019 Gaungkan Konsep Ekonomi Syariah

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Perlu upaya ekstra untuk mendorong penetrasi ekonomi syariah di semua segmen masyarakat. Makanya, Bank Muamalat bersama dengan Wahdah Islamiyah mencoba memantiknya lewat ajang bertajuk Ummat Fest 2019 yang dihelat di CCC pada 8-10 November mendatang.

Pemimpin Bank Muamalat Sulampua, Ahmad S. Ilham, menuturkan, utamanya di sektor keuangan syariah, itu tercatat selalu mentok pertumbuhannya pada kisaran 5 persen. Padahal, Indonesia itu penduduknya mayoritas muslim.

“Nah Ummat Fest ini, salah satu upaya kami untung menggungkan konsep syariah. Semua lini ada,” kata pria yang akrab disapa Ilo itu, di kantornya Selasa 8 Oktober.

Seperti edisi sebelumnya, Ummat Fest kali ini memang diramaikan beragam konten atau pun tenant yang diharapkan mampu memberi edukasi syariah terhadap masyarakat.

Saat perhelata nanti, akan ada kumpul komuintas syar’i. Ada properti, perbankan hingga finance syariah. Juga ada halal food dan travel perjalanan umrah & haji serta masih banyak lagi.

“Kalau edisi sebelumnya, secara bisnis kami dapat 500-san nasabah New to Bank (NTB). Edisi kali ini setidaknya kami membidik angka itu tembus seribu,” bebernya.

Ketua Harian DPP Wahdah Islamiyah, Rahmat Abdul Rahman, menerangkan, kalau sejauh ini memang mulai muncul tren di tengah masyarakat untuk mulai menghindari hal-hal yang berbau riba.

“Hanya saja, itu malah berefek ke layanan jasa keuangan secara menyeluruh. Sehingga, perbankan syariah yang kini eksis juga terkena stigma negatif,” nilainya.

Padahal sebetulnya tidak, lanjutnya, sebab saat ini sudah ada sistem atau fasilitas keuangan syariah yang kini juga bisa digunakan oleh masyarakat. Memperkenalkan sistem syariah, diakuinya juga menjadi salah satu tugas dari Wahdah Islamiyah.

“Makanya kami harapkan, agenda Ummat Fest bisa menjadi ruang edukasi bagi seluruh elemen masyarakat nantinya,” kuncinya. (gsa)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment