Olahan Jagung Cegah Kolesterol

Rabu, 9 Oktober 2019 16:15

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Jagung merupakan salah satu bahan pangan yang sehat, karena mengandung sumber karbohidrat rendah. Olehnya, ada berbagai olahan yang cocok bagi penderita kolesterol maupun diabetes.

Seperti yang dilakukan Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia, Dra Nurbaeti MKes bersama Dr Alfina Baharuddin SKM MKes yang mengolah bahan jagung menjadi susu, keripik, dan membuat olahan beras yang tepat.

Pengolahan ini telah dipaparkan di Desa Tonasa Kecamatan Sanrobone, Kabupaten Takalar. Nurbaeti menuturkan minyak jagungmengandung sejumlah vitamin E, ubiquinone , dan fitosterol yang dipercaya memberi pengaruh baik pada kadar kolesterol.

Vitamin yang terdapat pada jagung manis antara lain folat, vitamin A, vitamin, C, dan vitamin B. Sedangkan, mineral yang banyak terdapat pada pop corn antara lain mangan, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, magnesium, seng, dan tembaga.

Jagung juga mengandung lemak dalam jumlah sedikit, namun jenis lemak ini adalah lemak baik. Sejumlah senyawa bioaktif yang diyakini memberi manfaat untuk kesehatan tubuh.

Bagikan berita ini:
5
9
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar