Cegah Korban Henti Napas Tiba-tiba, Galesong Group Bekali Kayawan dengan BHD

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Galesong Group mengadakan Basic Life Support Training atau Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD), bagi seluruh Karyawan unit usaha di bawah naungan Galesong Group.

Pelatihan Bantuan Hidup Dasar ini dimaksudkan sebagai pertolongan medis sederhana, yang dilakukan pada pasien atau korban yang mengalami henti jantung dan henti napas sebelum dilakukan pertolongan medis lanjutan.

Pelatihan tersebut diberikan oleh Dokter Yenny Halim dan Dokter Steven di Galesong Building, Rabu (9/10). Dipandu langsung oleh Yongris Lao selaku Owner BPR Hasamitra.

Direktur Utama Galesong Group, Efendy Purnama, mengatakan, bahwa pelatihan BHD ini sangat diperlukan. Bukan hanya untuk para medis, tetapi juga penting untuk diketahui oleh semua orang termasuk Karyawan Galesong Group.

Apalagi kejadian seperti ini menurutnya bisa terjadi pada siapa saja, di mana saja dan kapan saja termasuk dilingkungan kerja. Baik itu karyawan, tamu ataupun konsumen dan nasabah yang berkunjung ke kantor.

“Sering sekali orang yang menemukan korban pertama kali bukan hanya tenaga medis yang terlatih, tetapi bisa saja orang non paramedis yang ada di sekitar tempat kejadian,” kata Efendy disela-sela kegiatan.

Sehingga Efendy mengharapkan, dengan adanya pelatihan seperti ini, para karyawan Galesong Group mampu menolong orang-orang di sekitarnya yang membutuhkan.

Sementara itu, Yongris Lao yang memberikan materi mengapresiasi inisiatif Galesong Group untuk melaksanakan pelatihan bagi jelas karyawannya. Sebab, pelatihan ini sangat penting agar para karyawan dapat mengetahui bagaimana cara melakukan pertolongan pertama.

“Seperti resusitasi jantung-paru, kepada korban yang mengalami henti nafas dan henti jantung baik karena sakit atau kecelakaan sebelum tim medis datang ke tempat kejadian,” jelas Yongris yang juga Ketua Walubi Sulsel.

Sekitar 50 orang lebih Karyawan Galesong Group baik dari Divisi Otomotif, Property, Tekhnik, Hotel, Lapangan Golf, Gold Gym sebagai peserta pelatihan.

Selain diberikan secara teori, seluruh peserta juga masing-masing diberikan kesempatan untuk melakukan praktek langsung penanganan korban dengan menggunakan Boneka Pelatihan yang dipandu secara langsung oleh Dokter Pemateri.

Terpisah, Direktur Galesong Group, Felix Tandiawan, menjelskan, bahwa Pelatihan ini sangat membantu ketika sewaktu waktu terjadi pada konsumen atau tamu yang sedang berada dilingkungan unit usaha.

“Setelah pelatihan tahap pertama ini maka akan dilanjutkan secara berkesinambungan untuk tahap-tahap selanjutnya bagi karyawan yang lain sehingga semakin banyak karyawan yang terlatih maka akan semakin bagus,” kuncinya. (tam)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment