Diresmikan Wapres JK, RS Faisal Buka Pelayanan Radioterapi

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Rumah Sakit Islam Faisal kini telah membuka pelayanan radioterapi. Baru-baru ini, layanan itu diresmikan langsung Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla.

Gedung ini difasilitasi Alat Radiotherapy Linear Accelerator, dr Suherman Hadi SSp Onk Rad, jadi tim dokter yang akan menangani pasien kanker dengan penggunaan alat ini. Ia mengatakan, alat ini dalam membangkitkan radiasi tak menggunakan radioaktif namun penggunaan listrik, sehingga kebocoran radiasi tak akan terjadi.

Alat ini akan membunuh sel kanker dengan target langsung yakni inti sel terutama DNA sel kanker. RS Faisal merupakan satu-satunya RS Swasta di kawasan Indonesia Timur yang menyediakan alat tersebut.

Diharapkan hadirnya gedung instalasi radioterapi ini akan memberikan pelayanan secara menyeluruh kepada pasien kanker yang ingin melakukan bedah, kemoterapi dan radioterapi sehingga keterlambatan perawatan tak terjadi.

“Tagline kami pelayanan tanpa antrian. Kami tinggal menunggu kerjasama dengan BPJS Kesehatan agar pasien BPJS dapat terlayani dengan baik tanpa harus menunggu lama. Kami juga menjaga alat ini dengan baik agar mencegah breakdown,” ungkapnya.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengapresiasi RS Faisal yang terus memberikan upaya pelayanan terbaik bagi pasien. Namun, kata dia, yang terbaik adalah dengan mulai melakukan pencegaham sebelum sakit datang.

Menurutnya Rumah Sakit sudah seharusnya menjadi tempat terakhir. Pemerintah perlu fokus menciptakan lingkungan yang sehat seperti menciptakan lapangan olahraga, menangani masalah sampah sehingga masyarakat hidup lebih sehat.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...