DPC Gerindra Maros Buka Penjaringan, Lima Balon Mendaftar

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAROS — Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Maros mulai membuka penjaringan bakal calon (balon) bupati Maros, di Kantor DPC Gerindra Maros Jalan Azalea, Kamis, (10/10/2019).

Pendaftaran penjaringan Balon Bupati Maros ini telah dibuka serentak Senin, 7 Oktober 2019 lalu. Namun untuk DPC Gerindra Maros, baru dibuka hari ini.

Meski dibuka oleh DPC Gerindra Maros, tapi untuk Surat Keputusan (SK) Desk Pilkada dikeluarkan oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Sulsel.

Ketua Pelaksana Desk Pilkada Maros, Anwar Ismail mengakui jika desk Pilkada ini dibentuk oleh DPD Gerindra Sulsel.

Akan tetapi, pengurus DPC Gerindra diberi amanah untuk menerima pendaftaran.

“Penjaringan Desk Pilkada ini dibentuk DPD Gerindra Sulsel dan penanggungjawabnya juga Desk Pilkada DPD Gerindra Sulsel. Tetapi karena sibuk nya di atas, kami diberi amanah untuk melaksanakan ini, meski kita tidak punya kewenangan mengambil keputusan karena ini wilayahnya DPD. Jadi kami sebatas penerimaan penjaringan,” katanya.

Seharusnya, kata dia, Senin, 7 Oktober mulai dibuka. Karena mengingat ada beberapa permasalahan jadi baru hari ini baru dilakukan pembukaan pendaftaran.

“Rencananya pendaftaran sekaligus pengembalian ini kita buka sampai 21 Oktober mendatang,” sebutnya.

Untuk hari ini sudah ada sekitar lima Balon Bupati Maros yang datang mengambil formulir. Yakni Muhammad Ramli Rahim, Havid S Pasha, Suhartina Bohari, AS Chaidir Syam dan HA Ilham Nadjamuddin.

Sementara itu Ketua fraksi Gerindra di DPRD Maros, Yusuf Damang yang digadang-gadang akan menahkodai Gerindra Maros, mengatakan saat ini kepengurusan DPC Gerindra Maros dalam masa transisi sehingga tidak memiliki kewenangan membuka penjaringan dna SK nya dikeluarkan oleh DPD Gerindra Sulsel.

Pihaknya juga sudah mengajukan nama-nama pengurus baru untuk disahkan oleh pengurus pusat.

Anggota DPRD Maros ini pun mengaku akan merangkul semua pihak untuk membesarkan Gerindra Maros.

“Saat ini memang kepengurusan DPC Gerindra Maros dalam masa transisi kepengurusan. Kami sudah mengajukan nama-nama pengurus. Kami tidak ada masalah dengan pihak lain, kami mau merangkul semua,” katanya.

Untuk panitia seleksi, kata dia, tim itu disahkan langsung oleh pengurus wilayah Gerindra Sulsel. Pasalnya, pihaknya belum bisa mengeluarkan surat keputusan karena masih menunggu pengesahan dari pengurus pusat. Meski demikian, semua tim penjaringan, berasal dari kader-kader Gerindra yang ada di Maros.

“Harusnya kan di SK kan sama DPC, tapi karena kami belum juga di SK kan oleh DPP, makanya tim desk pilkada ini disahkan langsung oleh pengurus wilayah. Harusnya kan tanggal 7 dibuka, karena tekhnis kita mulai buka hari ini,” jelasnya.

Pasca perubahan pengurus ini, sejumlah eks legislator dari Gerindra Maros yang pada saat Pemilu lalu pindah partai, terlihat kembali bergabung di partai itu. Mereka mengaku kembali ke Gerindra karena merasa terpanggil usai perubahan struktur di partai itu.

“Kami masih sangat cinta dengan partai ini. Kemarin itu kami keluar karena merasa sudah tidak sejalan dengan pengurus lama. Saat ini, kami sangat optimis untuk bisa kembali membesarkan partai ini di Maros,” ungkap eks legislator Gerindra, Hermanto.

Sedangkan salah satu Bakal Calon Bupati Maros yang datang mendaftar, Havid S Pasha, mengatakan, dia sengaja datang mendaftar di Gerindra Maros dengan harapan bisa berkoalisi.

“Kita di PKB kan sudah punya empat kursi, sedangkan Gerindra punya tiga kursi. Jadi ya kita bisa berkoalisi,” katanya. (rin)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment