Jaringan Data Internet di Setda Lutim Hilang

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MALILI — Jaringan data internet di Sekretariat Daerah (Setda) Kabupatsn Luwu Timur menghilang sejak, Senin, 7 Oktober. Padahal, hampir semua administrasi di Sekretariat Daerah menggunakan jaringan data internet terutama Bagian Umum dan Bagian Perlengkapan.

Kabag Umum Pemkab Luwu Timur, Windayani Sakaria mengatakan, jaringan data internet hilang sama sekali. ”Ada jaringan internet dari Kominfo, tapi tidak bagus,” kata Windayani kepada FAJAR, Rabu, 9 Oktober.

Menurutnya, masalah jaringan data internet dari Indihome sudah tiga hari tidak berfungsi. Padahal, semua sistem sudah gunakan jaringan internet. Kasus ini sudah dilaporkan ke Telkom dan Kominfo. Kebetulan, program pengadaan jaringan internet berada di Dinas Kominfo sebagai leading sektor.

Penganggaran jaringan data internet ada di Dinas Kominfo. Selama tiga hari, jaringan di ruanganya hilang. Jadi hanya gunakan paket data pribadi mengurusi urusan dinas. Laporan ke Dinas Kominfo belum ada tindak lanjut saat ini.

Dia mengakui sedikit terganggu pada penyuratan dan administrasi yang lain. Biasanya surat menyurat menggunakan email. Tidak bisa terbuka. Juga masalah anggaran tak bisa cair. Bahkan masalah pajak. Server bermasalah.

Anggota DPRD Luwu Timur, Najamuddin mengatakan hilangnya jaringan data internet di sekretariat daerah diduga ada kaitannya dengan program pengadaan jaringan. ”Ada lagi yang mainkan ini. Karena sudah kita anggarkan di APBD Pokok 2019,” kata Najamuddin.

Supaya muncul isu pengadaan jaringan internet. Apalagi rencananya semua desa dipasangi jaringan internet. Supaya administrasi lewat via email. Bukan lagi secara manual. (shd)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...