Oposisi atau Banting Setir? Gerindra Putuskan 17 Oktober

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Partai Gerindra santer dikabarkan akan masuk dalam pemerintahan. Hingga kini, isu tersebut belum jelas kebenarannya. Sikap politik resmi partai akan diumumkan langsung oleh Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 17 Oktober 2019 mendatang. Tetap oposisi atau banting setir bergabung dalam pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

“Apakah kami akan menjadi mitra kritis atau mitra internal di pemerintahan akan diputuskan pada 17 Oktober mendatang. Ini akan disampaikan langsung oleh Pak Prabowo,” tegas juru bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (9/10).

Prabowo, lanjutnya, sudah meminta dilaksanakan Rakernas pada 15-17 Oktober 2019 di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Menurut dia, sebelum Rakernas, Prabowo sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra akan mendengarkan masukan dari pimpinan partai dari seluruh wilayah di Indonesia. “Tempat rakernas di Hambalang. Nanti Pak Prabowo akan menyampaikan kepada publik sikap politik Gerindra,” paparnya.

Sebelumnya, Gerindra mengungkapkan adanya lobi-lobi dengan pihak Istana. Sekjen DPP Gerindra Ahmad Muzani menyebut ada tawaran bergabung dalam pemerintahan. Namun, hal itu akan dibahas di internal partai.

Sementara itu, pengamat politik Universitas Indonesia (UI) Ade Reza Hariyadi menilai tidak ada persoalan jika oposisi ditarik masuk dalam kabinet. Sebab, dalam politik Indonesia tidak dikenal yang namanya oposisi.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...