Masuk Kategori Tertinggi, Sulsel Harus Atensi HIV/AIDS

Jumat, 11 Oktober 2019 21:51

Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, menyatakan adanya perluasan pemeriksaan pada bukan hanya populasi beresiko tersebut, yang juga diikuti dengan screening HIV pada pasien Tuberkulosis, Hepatitis, dan warga binaan terbukti cukup memberi peningkatan penemuan kasus yang signifikan.

Selain itu peningkatan Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) masih tinggi di Makassar sebab meskipun layanan program HIV telah semakin diperluas ke kabupaten, kota lain, namun masih banyak yang lebih memilih berobat atau melanjutkan pengobatan di kota Makassar.

“Karena sarana dan prasana di kota Makassar disertai pula SDM yang terlatih dalam penanganan HIV, dan juga karena adanya kecenderungan bagi ODHA untuk berobat justru bukan di wilayah domisili pasientersebut,” ungkap Iqbal, Jumat, 11 Oktober 2019.

Di sisi lain menurutnya berbagai program di Indonesia banyak diawali di Makassar sebagai program percontohan atau pilot project.

Salah satunya kebijakan Strategic Use for ARV Ttreatment (SUFA) yang dimulai di tahun 2013 di 8 kota di Indonesia termasuk Makassar yang menganjurkan pemeriksaan HIV bagi ibu hamil yang melakukan Ante Natal Care di beberapa Puskesmas saja. (abd)

Bagikan berita ini:
8
10
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar