Erdogan Ancam Eropa Jika Kebijakannya Ditentang

Sabtu, 12 Oktober 2019 23:25

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memberikan ancaman kepada Eropa jika serangan militer ke Suriah yang dilakukannya di...

FAJAR.CO.ID, ISTANBUL — Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memberikan ancaman kepada Eropa jika serangan militer ke Suriah yang dilakukannya dianggap pendudukan.

Dalam pidato di depan parlemen baru-baru ini, Erdogan menyebut akan mengirim 3,6 juta pengungsi ke Eropa jika langkahnya didefinisikan sebagai invasi.

“Hei EU (Uni Eropa), sadar. Saya mengatakannya lagi: jika kalian mencoba menyebut operasi kami di sana (Suriah) sebagai invasi, tugas kami sederhana: kami akan membuka pintu dan mengirim 3,6 juta migran kepada kalian,”kata Erdogan.

Dilansir dari Dailymail, Presiden Turki menyebut serangan militer ke Suriah telah menewaskan 109 teroris. Kementerian Pertahanan Turki juga mengumumkan dua desa perbatasan telah dibersihkan dari teror yang merujuk pada para pejuang Kurdi.

Invasi ini telah banyak dikutuk di seluruh dunia. Para pemimpin Eropa dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah memperingatkan Erdogan atas serangan militernya.

Menurut mereka, tindakan Erdogan dapat memperburuk penderitaan di wilayah yang dilanda perang dan memungkinkan ISIS untuk berkembang. Padahal pasukan Kurdi yang didukung AS diklaim telah menggulingkan para jihadis ISIS awal tahun ini.

Sementara itu, otoritas Kurdi mengklaim telah terjadi penembakan pada Rabu malam di sebuah penjara yang menahan para pejuang ISIS. Mereka menyebut ini adalah upaya yang jelas untuk membantu pejuan ISIS melarikan diri.

Bagikan berita ini:
3
2
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar