Hindari Musim Hujan, Pemerintah Genjot Pembukaan Jalan ke Seko

FAJAR.CO.ID, MASAMBA — Pemerintah Kabupaten Luwu Utara mengebut pembukaan dan pengerasan ruas jalan ke Seko sebelum musim hujan.

Pembukaan ruas jalan poros dari Lambiri, Sodanan, hingga Eno, Kecamatan Seko telah mencapai 4,5 kilometer dan pengerasan jalan sepanjang 3,8 kilometer.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Luwu Utara, Suaib Mansyur, mengatakan, telah menyiapkan anggaran bantuan provinsi sebanyak Rp7 miliar.

“Kita akan biayai buka jalan dan pengerasan sepajang 13.920 kilometer di Seko. Ini yang dibayai daerah. Lain lagi yng dibiayai provinsi dan pusat,” kata Suaib.

Menurutnya, pembangunan jalan ke Seko ini menggunakan sistem pembukaan dan langsung dilakukan pengkrikilan dan pengerasan. Apalagi, jalan yang dibangun berada di kawasan hutan.

Alat berat telah tersedia dan material tinggal diangkut. Hanya saja pengawasan pekerjaan melibatkan semua pihak. Termasuk keterlibatan camat mengawasi proyek.
Menurutnya, pembangunan jalan ke Seko ada tiga skema pembiayaan.

Ada pembiayan pemerintah pusat. Lalu dibayai pemerintah provinsi dan pemerintah daerah.

Pembiayaan tahap pertama dari Sabbang menuju Mabusa dibiayai APBN, lalu dari Mabusa menuju Lambiri dibiayai Pemprov Sulsel. Jaraknya mencapai 13 kilometer.

“Alat sudah ada di lokasi. Bagiamana jalan ini bisa ada pengerasan. Supaya dapat difungsikan dulu. Pihaknya ingin jalannya digunakan oleh masyarakat,” jelasnya.

Bukan hanya itu, kalau semua dilakukan pengerasan jalan, tidak ada jalan berlumpur. Perjalanan ke Seko selama satu hari satu malam. Kini kalau jalan bagus bisa naik mobil. (shd)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam

Comment

Loading...