Kunjungan Wisman Malaysia Ke Sulsel Ditarget Capai Sejuta Pengunjung

0 Komentar

Destinasi wisata air Bantimurung tetap jadi primadona di Sulsel.

FAJAR.CO.ID,MAROS – Jumlah wisawatan mancanegara Malaysia yang berkunjung ke Sulsel ditarget bisa mencapai 1 juta pengunjung.

Hal ini disampaikan perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur, Malaysia, Patrecia Rotua Sianipar, Jumat, 11 Oktober di Desa Minasa Upa Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros.

Dia mengatakan kedatangannya ke Sulsel, khusunya Maros guna meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia khususnya Malaysia. 

“Salah satu destinasi wisata yang belum banyak dikenal oleh masyarakat Malaysia  adalah Sulsel. Sehingga kami mengajak para travel agen dan medis untuk langsung berkunjung langsung melihat destinasi wisata di Sulsel,” katanya.

Ia percaya jika Sulsel memiliki potensi wisata alam yang sangat menarik dan tidak ditemukan oleh orang Malaysia di. Negaranya. 

“Jadi ketika mereka datang kemari, kami mengutamakan wisata alam. Kami optimis usaha KBRI Kuala Lumpur mengajak media dan travel agen tidak sia-sia,” jelasnya.

Dia juga mengatakan jika selama ini wisatawan mancanegara dari Malaysia ke Makassar cukup banyak. Akan tetapi sebagian besar belum mengetahui destinasi wisata seperti Tana Toraja, gunung nona serta tempat wisata lainnya Di Sulsel.

“Kami tahu wisatawan Malaysia di Makassar cukup banyak. Namun sebagian besar belum tahu Tana Toraja dan Gunung Nona. Karena mereka ke Indonesia terlebih untuk belanja kain, bukan wisata,” katanta 

Sehingga ia berharap apa yang dilhat disini bisa disampaikan ke masyarakat Malaysia.

“Semoga apa yang mereka lihat ini akan dibagikan ke Masyarakat Malaysia dan memberikan informasi berguna. Sehingga dengan tercapainya tujuan ini bisa meningkatkan jumlah wisatawan Malaysia ke Sulsel, khususnya Toraja,” katanya.

Diakuinya ini kali pertama mereka berkunjung ke Maros.

“Saya melihat potensi Maros ini unik. Sangat unik, berhubung di Malaysia itu yang kami lihat mereka tidak mempunyai banyak wisata alam, tapi lebih wisata buatan manusia. Dan wisata alam pun bukan hutan bakau seperti ini. Sehingga ini sesuatu yang baru bagi mereka,” jelasnya

Ia berharap bisa melebihi 1 juta orang yang datang ke Sulsel.

“Kita target  bisa melebihi sejuta penumpang,” singkatnya.

Sementara itu salah satu perwakilan Travel, Mochmmad Ridwan mengaku mengucapkan terimakasih karena menyediakan trip ke Sulsel, terkhusus di Maros.

“Ini kali kelima saya ke Sulsel, tapi untuk Maros baru pertama kali. Suasananya bagus,” akunya 

Dia mengaku jika sengaja datang ke sini untuk melihat wisata baru yangbada di Maros.

“Tujuan kesini sebagai ajang promosi untuk wisata baru di Sulsel. Karena dalam memperkenalkan destinasi wisata ada tiga hal yang perlu diperhatikan, yakni adat budaya, kuliner dan silaturahim,”katanya.

Sedangkan Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Maros, Nuryadi mengaku menyambut baik kedatangan para wisman Malaysia ini.

Dia berharap hubungan yang baik antara Indonesia dengan Malaysia bisa terus terjalin.

Dia mengatakan para wisatawan yang terdiri atas para agen travel, media serta perwakilan KBRI Malaysia ini rencananya berkunjung ke beberapa lokasi wisata yang ada di Maros. Seperti wisata Sungai Pute ke Sungai Minasa Upa sekanjutnya ke Wisata Karst Rammang Rammang dan Taman Wisata Alam Bantimurung. (Rin)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...