Salon Foto Indonesia ke Kampus, Dorong Ekonomi Kreatif Hingga Pariwisata

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Garis merah senja begitu tegas di batas horison. Cahaya matahari yang segera tenggelam tampak mucul disela siluet bangunan yang tegas berdiri membentuk kubah berundak.

Begitulah mesjid 99 kubah yang berdiri di tengah hamparan pantai losari. Sebuah bangunan baru ikon Kota Makassar diabadikan dengan apik oleh Nur Azisah Rahman sebagai fotografernya.

Gambar ini berderet di antara foto-foto Diksar UKM Fotografi Unhas yang telah dipamerankan selama lima hari di kampus Universitas Hasanuddin, 1- 5 Oktober 2019.

Menariknya, kali ini pameran UKM tersebut disandingkan dengan agenda kunjungan dari pengurus Perkumpulan Fotografer Makassar (Performa) untuk agenda sosialisasi Salon Foto Indonesia yang bekeliling ke kampus-kampus di Kota Makassar sejak ditunjuknya Makassar menjadi tuan rumah perhelatan akbar para fotografer amatir terbesar di Indonesia ini.

Sebelum kegiatan di UKM Fotografer Unhas, pada Pameran foto Makassar UKM Talas Unversitas Muhammadiyah, Performa juga telah melaksanakan kegiatan yang sama.

“Ini adalah kali ketiga kami berkesempatan mendapatkan materi Salon Foto Indonesia. Sejak tahun 2018 diadakannya pameran foto Salon PERFORMA, begitu banyak input dari rekan-rekan performa tentang foto “piktorial” yang mengedepankan seni dalam karya fotografi. Untuk itulah saya ikut dan sangat tertarik. Pada perhelatan SFI di Bali beberapa karya saya di setujui oleh kurator untuk di pamer dan dibukukan pada katalog karya terbaik 2019,” ungkap Faqih, mahasiswa Unismuh mengungkapkan pengalamannya.

Menurut salah satu pengurus Performa, Reski Nurdin, kegiatan sosialisasi ini diadakan oleh organisasi fotografer Performa dengan tujuan silaturahmi, memperkenalkan mekanisme SFI, kurasi foto, kompetisi berhadiah, dan karya salon foto, sekaligus juga sebagai upaya mendorong prestasi fotografer Sulawesi Selatan khususnya dan perkembangan ekonomi kreatif dalam negeri hingga di kenal ke mancanegara. Tak juga itu, objek pariwisata dalam negeripun akan tersiar dan dikenal kemana-mana melalui karya-karya fotografer Salon Foto Indonesia”.

Menurut Ketua Performa, Junaidi Sudirman, agenda sosialisasi SFI dan sharing karya foto piktorial salon foto selanjutnya akan mengunjungi para fotografer daerah dalam lingkup Sulawesi Selatan dan beberapa provinsi se Indonesia Timur, kemudian rangkaian sosialisasi ini akan ditutup dengan kegiatan launching Salon Foto Indonesia – Makassar 2020 pada Desember dan dilanjutkan dengan kegiatan inti kurasi Salon Foto Indonesia, penganugerahan, dan pameran di Makassar pada 2020 mendatang. (ama)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...