Tiga Hari, FKIK UIN Disibukkan Enam Kegiatan Terkait Kesehatan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar (PSPPD FKIK UINAM) menyelenggarakan beberapa kegiatan pengabdian masyarakat.

Bekerja sama dengan LP2M IAIN Bone, dalam waktu tiga hari PSPD melakukan 6 kegiatan sekaligus di beberapa lokasi di Kabupaten Bone yakni 10 hingga 12 Oktober 2019.

Kegiatan PSPD FKIK ini dipimpin langsung dekan FKIK, Dr dr Syatirah Djalaluddin dan Kaprodi PSPD FKIK UINAM dr Darmawansyih dengan membawa rombongan yang terdiri atas 12 orang dosen, 22 mahasiswa dan 8 staf.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Bone, Drs Faturrahman, Ketua LP2M IAIN Bone Rahmatunnair dan dihadiri oleh civitas akademika IAIN Bone.

Dalam sambutannya Warek 3 IAIN Bone, menyambut dengan sangat baik kontingan PSPD FKIK UINAM dan berharap kerjasama dalam bentuk kegiatan pengabdian masyarakat ini berkesinambungan dan berkelanjutan.

Rangkaian kegiatan engabdian masyarakat PSPD FKIK tersebut di antaranya seminar integrasi dengan Tema “ Etika Hubungan Dokter Pasien dalam tinjauan Agama dan kedokteran diselenggarakan di Aula IAIN Bone dengan narasumber Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar dr Syatirah Djalaluddin, dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Bone, Drs Faturrahman. Kegiatan seminar ini dihadiri oleh darmawanita, mahasiswa, dosen dan staff lingkup IAIN Bone dan penyuluh agama.

Juga ada penyuluhan dan pemeriksaan status penyakit metabolik dengan narasumber dr Asriani dengan peserta ibu darmawanita, dosen, staff lingkup IAIN Bone dan penyuluh agama.

Ketiga, penyuluhan dan pemeriksaan status gizi, deteksi, pemeriksaan dan pengobatan penyakit kulit dan kelamin diselenggarakan di Pesantren Al Ikhlas Ujung Bone kabupaten Bone dengan narasumber dr Fhirastika Annisa Halvian

“Selain itu kami juga lakukan penyuluhan tentang penyakit menular seksual dan bantuan hidup dasar di SMA 13 Bone Kabupaten Bone dengan narasumber dr Dewi Setiawati dan dr Yusuf Sidang Amin,” ujar Syatirah Djalaluddin.

Adapula penyuluhan PHBS pada kegiatan Workshop Pendampingan panti asuhan di pantu Asuhan Al Hijrah Kecamatan Majang, Kabupaten Bonedengan dengan narasumber Sri Nursanti dan Dr dr Nadyah.

Terakhir, sunatan massal di Desa Barebbo, Kabupaten Bone dengan tenaga medis yang berasal dari Tim dokter, perawat dan mahasiswa PSPD FKIK UINAM dengan peserta yang berasal dari Desa Barebbo dan Desa Kading. (rls-ind)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...