UMI Akan Wujudkan Kantin Bersertifikasi Halal

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR— UPT Halal Centre UMI terus berupaya mewujudkan kantin yang bersertifikasi halal. Kampus ini menggandeng Lembaga Pengawasan Produk Obat dan Makanan Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) untuk menggelar Edukasi Halal dengan 30 staff kantin, Sabtu (12/10/2019).

Ketua UPT Halal Centre UMI, Dr La Ifa mengatakan, mulai 17 Oktober akan berlaku Pasal 4 UU No.33 Tahun 2014 tentang jaminan produk halal. Olehnya, kampus yang dipimpin Prof Basri Modding ini menargetkan tahun 2019 semua kantin disetiap fakultas sudah berlabel halal.

“Pedagang diharapkan dapat meraup keuntungan signifikan setelah mengantongi label sertifikasi halal. Siapa saja bisa menikmati kuliner halal karena tidak bertentangan dengan keyakinan manapun,” katanya kepada FAJAR.

Meski demikian, menurutnya tak mudah mendapatkan sertifikasi tersebut. Perlu beberapa tahapan seperti, pengumpulan data bahan baku setiap makanan dan minuman yang dijual oleh gerai, membuat matriks bahan, menelurusi kehalalan bahan baku dan titik kritis produksi, evaluasi dan edukasi gerai melalui pelatihan Kemananan dan Kehalalan Pangan, Test food, Audit kepatuhan (SOP) hingga pada pelaksanaan Audit.

Wakil Rektor V Bidang Kerjasama UMI, Prof Hatta Fattah turut mengapresiasi langkah maju UPT Halal Centre UMI. Ia mengungkapkan, UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah harus memberikan contoh kepada kampus lain khususnya di Makassar.

“Tren makanan halal sudah merambah ke berbagai belahan dunia, tidak hanya di negara yang mayoritas muslim. Ini terkait dengan halalan tayiban yang maksudnya, suatu produk atau makanan harus layak dikonsumsi oleh masyarakat, tidak mengganggu kesehatan,” tegasnya.(sul)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...