Begini Saran Kadiskominfo Sulbar dalam Rakor Kehumasan di Bali

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAMUJU– Dalam rangka sinergitas urusan Kehumasan Kemendagri dengan Pemerintah Daerah Provinsi seluruh Indonesia, Kementerian Dalam Negeri menggelar Rapat Koordinasi Nasional Kehumasan Seluruh Indonesia Tahun 2019 yang berlangsung di Fashion Hotel Legian Bali, 11-13 Oktober 2019.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Sulbar, Safaruddin menjadi salah satu peserta dalam Rakor yang dihadiri pejabat eselon II tingkat provinsi se- Indonesia tersebut. “Dalam pertemuan ini kami mempertanyakan beberapa hal. Antara lain Permendagri Nomor 56 tahun 2019 terkait nomenklatur dan unit kerja Sekretariat Daerah yang dinilai menurunkan peran dan fungsi Biro Humas menjadi salah satu kasubid di Dinas Kominfo, ” kata Safaruddin via rilis, Senin, 14 Oktober.

Permasalaan lain menurutnya adalah, beban Dinas Kominfo yang juga menangani infrastuktur seperti Satu Data Indonesia (SDI), geospasial, SPBE, ditambah dengan tugas kehumasan yang begitu berat. “Ada juga KIP dan KPID yang semakin menambah beban Kominfo sehingga kewalahan untuk fokus dalam urusan pemberitaan,” sebut Safar.

Mantan Karo Ekbang tersebut juga menyampaikan, bahwa persoalan yang dihadapi Humas di Provinsi Sulbar juga dialami humas provinsi daerah lain di Indonesia utamanya dalam hal koordinasi ke OPD dan instansi vertikal lain. Pada kesempatan tersebut, mantan Karo Umum tersebut juga meminta pada pertemuan Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), juga diundang untuk membahas persoalan di daerah, termasuk struktur kelembagaan sehingga konek antara regulasi dan kebutuhan di daerah.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, Bahtiar pada kesempatan tersebut berjanji akan mengevaluasi semua permahasalahan yang dihadapi Humas di provinsi dan akan membicarakan dalam waktu dekat.
Bahtiar juga mendorong agar pejabat kehumasan provinsi memperkuat organisasi dan tata kelola kehumasan. Hari ini, Kadiskominfo Sulbar melanjutkan kegiatan ke Jakarta sebelum kembali ke Sulbar. (fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...