Ibu Muda dan Cantik Berhasil Menipu Rp2,5 Miliar Berakkhir di Polres

Djeni Herilewie, pelaku penipuan yang ditangkap polisi.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Seorang ibu rumah tangga bernama Djeni Herilewie (39) harus berurusan dengan Polres Metro Jakarta Timur (Polrestro Jaktim). Penyebabnya adalah kelihaian wanita 39 tahun itu dalam menipu.

Djeni dikenal sebagai penipu ulung yang licin. Berdasar catatan Satreskrim Polrestro Jaktim, Djeni sudah menggelapkan 62 mobil.

"Orang ini licin juga, sebelum akhirnya bisa kami tangkap di Cipinang pada akhir September 2019," kata Kepala Unit 3 Ranmor Satreksrim Polrestro Jaktim Iptu Wahyudi, di Jakarta, Selasa (15/10).

Menurut catatan kepolisian, Djeni dengan menggunakan kedok sebagai panitia penyelenggara acara atau event organizer (EO) telah menipu puluhan korban di wilayah Jakarta, Bandung, Depok, Cileungsi dan sekitarnya. Selama Agustus - September 2019, Djeni menggelapkan 62 mobil dari pengusaha rental kendaraan.

"Total Rp2,5 miliar keuntungan yang didapat Djeni dari penggelapan mobil rental. Itu yang tercatat di polisi," kata Wahyudi.

Djeni menggadaikan mobil sewaan dari pengusaha rental dengan kisaran harga Rp30 juta hingga Rp 40 juta per unit selama sepekan. Saat menggadaikan mobil, Djeni menggunakan bermacam alasan.

Djeni biasanya menggunakan alasan tengah membutuhkan dana untuk berobat keluarganya. Alasan lainnya adalah butuh dana untuk menyelenggarakan acara.

“Mobil yang dia gadaikan disewa dengan harga Rp 700 ribu per hari. Kalau sewa sepekan rata-rata Rp 2,1 juta. Pemilik rental percaya karena dia pandai berbicara," kata Wahyudi.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : rasid alfarizi


Comment

Loading...