Job Fit jadi Acuan Pergeseran Jabatan di Pemkot Makassar

0 Komentar

Kantor Balaikota Makassar di Jl Ahmad Yani.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR— Pemerintah Kota Makassar akan segera melaksanakan mutasi rotasi (pergeseran) jabatan lingkup eselon 2. Sebelum melakukan mutasi rotasi akan didahului job fit untuk melihat kesesuaian posisi jabatan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Makassar, Sittiara Kinnang menyampaikan perlu menempatkan ASN sesuai dengan kemampuan, maka mutasi rotasi akan didahului dengan job fit di lingkup eselon dua.

“Jadi job fit ini untuk melihat seorang pejabat cocok di jabatan apa agar sesuai dengan kemampuannya,” ungkap Sittiara, Senin, 14 Oktober.

Job fit, lanjutnya, merupakan amanat perundang-undangan ASN tentang pengisian jabatan dengan pertimbangan kesesuaian antara kualifikasi, kompetensi dan kinerja yang dilakukan pejabat itu selama ini, kemudian dihubungkan dengan job yang ada.

Ia melanjutkan, pihaknya memang sedang fokus untuk melakukan penataan pegawai. Selain metode mutasi rotasi, juga akan dilaksanakan open bidding atau lelang terbuka untuk sejumlah jabatan.

Selain di tingkat eselon dua, penataan pegawai juga akan dilaksanakan di tingkat eselon tiga dan empat. Pasalnya ada beberapa pegawai yang berstatus non job bahkan sudah bertahun-tahun.

Dia berharap pengembalian jabatan bisa memberikan semangat baru agar para pegawai dapat kembali bekerja sesuai bidang dan kemampuan masing-masing. (abd)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...