Kata Dokter, Begini Teknik Membersihkan Miss V

0 Komentar

Ilustrasi/Int

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR--Menjaga kesehatan organintim bisa dimulai dari cara mebilasnya. Asal membilas justru bisa sebabkan infeksi saluran kencing.

Spesialis Kulit dan Kelamin, Rumah Sakit Hikmah, dr Alwi Andi Mappiasse SpKK PhD FINSDV FAADV mengungkapkan, infeksi aluran kencing sering terjadi karena bakteri jahat dari dubur berpindah ke saluran kencing. Hal ini disebabkan cara membersihkan yang tidak benar. Kebanyakan perempuan membasuh dari dubur ke miss v. Padahal yang tepat adalah dari miss v menuju ke dubur.

Bakteri dari dubur juga bisa masuk ke miss v dari dalaman yang tak diganti seharian. Beberapa gejala yang akan muncul yakni, sakit saat buang air kecil, urine menjadi keruh, dan selalu merasa ingin buang air kecil meski pun sebenarnya tak ada urine yang keluar.

Menyepelekan kebersihan miss v saat traveling juga akan menyebabkan terjadinya infeksi jamur karena area miss v menjadi hangat dan lembap akibat mengenakan celana ketat dan berkeringat terus menerus. Gejalanya antara lain rasa gatal, sakit, dan keputihan yang sangat kental. “Apalagi kalau travelingnya di tempat tropis, maka makin meningkat suhu di area miss v” jelasnya.

Beraktivitas fisik yang banyak menjadi hal wajar jika terjadi keputihan. Namun pada keputihan yang normal biasanya tak akan berbau dan warnanya bening. Sementara pada keputihan yang tak normal akan berwarna kuning, bau sangat menyengat, dan menggumpal.

Spesialis Kulit dan Kelamin, Rumah Sakit Unhas, Prof Dr dr Anis Irawan Anwar SpKK(K), FINSDV FAADV menambahkan, selain tidak menggunakan dalaman ketat, bersihkanlah area miss V serta dubur dengan baik. Apalagi ketika sudah melakukan buang air kecil dan buang air besar. Gunakan dalaman yang lembut dan menyerap keringat.(ind/dni)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...