Kick Boxing Mulai Menggeliat, Turnamen Nasional Berlangsung di Kabupaten Ini

0 Komentar

Salah satu pemenang dalam Kejuaraan Kick Boxing.

FAJAR.CO.ID — Upaya memperkenalkan olahraga kick boxing di tanah air, dan menjaring potensi generasi muda dalam olahraga kick boxing, Adonara Sasana Boxing Camp, menggelar turnamen nasional dengan tema “Kejuaraan Kick Boxing atau dikenal dengan nama Adonara Fighting Championship (AFC) yang digelar di Lapangan Garuda Bantarkawung, Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes pada 13 Oktober 2019.

Sebanyak 80 atlet bela diri baik amatir maupun profesional dari berbagai penjuruh tanah air mengikuti kejuaran ini , yang terdiri dari berbagai kelas. Kejuaraan ini diselenggarakan oleh Sasana Adonara dengan Adonara Fighting Championship (AFC).

Gelaran ini adalah kejuaraan seni bela diri terdiri dari berbagai cabang bela diri. Tujuan diadakannya kejuaraan tersebut, untuk mencetak atlet bela diri Kick Boxing yang tersebar di berbagai daerah di nusantara.

Tercatat, ada 80 atlet putra yang mengikuti kejuaraan yang merupakan turnamen perdana di Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes dan diikuti 1 pasang putri.

80 peserta tersebut dibagi menjadi beberapa kelompok, sesuai dengan berat badannya. Para atlet tersebut terdiri dari berbagai sasana yang mewakili sasana dari beberapa provinsi seperti Jawa Tengah , Jawa Barat , Jogjakarta , Sulawesi, Kalimantan, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Surabaya, dan Bali.

Acara dibuka oleh Pembina Sasana Adonara yang juga sebagai anggota DPRD Kabupaten Brebes, Sudono SH.

Sebagai warga masyarakat Brebes, kami merasa berterima kasih dan berbangga, telah memilih kota Brebes sebagai Tuan rumah penyelenggraan kegiatan turnamen yang berskala National di Kecamatan Bantarkawung.

“Sebagai pemerintah kami menyambut baik turnamen ini dapat memberikan motivasi dan manfaat terutama kepada kalangan muda untuk bisa berlatih dan menjadikan Kick Boxing ini sebagai salah satu kegiatan olahraga di Indonesia,” ujar Sudono sekaligus membuka kegiatan Adonara Kick Boxing Championship.

Potensi anak muda perlu dikembangkan dan difasilitasi agar proses pembinaan dan karakter serta hasil yang dicapai tidak hanya menjadi juara di daerah tetapi sampai ke tingkat nasional bahkan internasional.

Kami percaya dan yakin bahwa kegiatan turnamen yang bersifat nasional ini akan memberi dampak positif bagi generasi muda untuk dapat meningkatkan kemampuan dan hobi dalam dunia olahraga yang bersifat positif yaitu kick boxing, di mana olahraga ini belum banyak dipertandingkan di level nasional maupun international.

Namun, melalui kerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga kita akan dorong untuk bisa masuk pada Level Asian Games atau Olimpiade sebagai salah satu olahraga yang perlu mendapat perhatian dari pemerintah dan masyarakat dalam memajukan dunia olahraga di Indonesia. Salah satu hal mendasar atas kecintaan olahraga Kick Boxing tidak hanya lahir begitu saja tetapi ini merupakan salah satu bentuk dedikasi yang kami lakukan khususnya buat almarhum ayah saya yang begitu mencintai dunia olahraga dank arena hoby sehingga mendorong kami untuk membangun dan mengembangkan Adonara Sasana Camp sebagai pusat latihan dan kaderisasi generasi anak muda Indonesia yang mau berkarir di bidang olahraga khususnya Kick Boxing , demikian disampaikan Bapak Abdul Rahman sebagai Promotor dan Pemilik Adonara Sasana Camp .

Pada kesempatan ini tampil Rizky Nurahman remaja 17 tahun yang masih duduk dibangku SMA sebagai fighter putra daerah setempat yang tergabung dalam Adonara Sasana Camp , sejak oktober 2018,yang memulai debutnya dari Amatir ke pro amatir tampil dengan gaya yang sangat memukau.

Seperti diketahui sejak awal terjun ke dunia olahraga bela diri yang diasuh oleh Billy Lumber Jack tampil berhadapan dengan Halim dari bela diri Muathay Jakarta.

Pemuda bertubuh atletis ini mengaku mulai tertarik dengan olahraga jenis kick boxing ini sejak duduk dibangku SMP, karena sering diajak ayahnya mengikuti latihan di sanana yang menjadi tempat latihan ayahnya .
Fighter asal brebes ini tentu lebih nyaman diatas ring dan memanfaatkan para supporter sebagai tuan rumah menjadi kekuatan tersendiri.

Dalam laga yang berlangsung 3 ronde tersebut, Rizky berhasil mengalahkan lawannya pada ronde kedua dengan KO.

“Dengan kemenangan ini saya sangat berterima kasih kepada semua masyarakat pendukung saya. Orang tua saya serta para pelatih yang telah memberikan latihan yang maksimal sehingga saya dapat memenangkan pertandingan bergengsi ini,” demikian kata Rizky. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...