Mendagri RI Anugerahi Makassar Penghargaan Implementasi SIPD

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR,- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI menganugerahi Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar piagam penghargaan di bidang implentasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD).

Piagam penghargaan diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tjahjo Kumolo kepada Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Makassar dr Hadijah Iriani.

Pemberian penghargaan dilakukan secara simbolis didampingi oleh Ketua KPK Agus Rahardjo, dan Dirjen Bina Pembangunan Daerah Hudori yang disaksikan sekitar 800 kepala daerah, sekretaris daerah, dan kepala Bappeda provinsi, kabupaten, kota se – Indonesia di Ballroom Hotel Grand Paragon, Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Makassar di bawah kepemimpinan Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb dinilai telah berhasil mengintegrasikan perencanaan dan penganggaran berbasis eleltronik ke dalam SIPD.

SIPD adalah sistem informasi yang memuat sistem perencanaan pembangunan daerah dan sistem keuangan daerah, serta sistem pemerintahan daerah yang lain, termasuk sistem pembinaan dan pengawasan pemerintahan daerah.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tjahjo Kumolo

Implementasi SIPD didasarkan pada terbitnya Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 yang secara otomatis mencabut Permendagri Nomor 98 Tahun 2018 tentang Sistem Informasi Pembangunan Daerah.  

“Diharapkan seluruh pemerintah daerah segera menyesuaikan dan mengikuti arah Permendagri yang baru,” kata Mendagri Tjahjo Kumolo.

Kepala Bappeda Makassar Hadijah Iriani menyebutkan, Makassar telah menerapkan sistem informasi pembangunan daerah yang kemudian berubah menjadi SIPD dalam perencanaan pembangunan daerah.

“Penghargaan ini adalah keberhasilan seluruh SKPD yang pasti prestasi kota Makassar harus terus dipertahankan bahkan ditingkatkan. Tentu jangan lupa arahan penjabat wali kota yang utama,” ucapnya.

Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb menyampaikan suka cita, dan rasa terima kasihnya kepada seluruh jajaran pemerintahannya yang kembali membuktikan jika Makassar bisa berprestasi.

“Alhamdulillah. Penghargaan ini memacu kita semakin termotivasi untuk menjadi pemerintah yang melayani rakyatnya. Terima kasih dukungan seluruh masyarakat dan jajaran pemerintah kota Makassar,” sebutnya.

Hujan prestasi yang kini diraih lanjutnya, tidak boleh membuat jajaran pemerintah kota Makassar berpuas diri, namun harus disikapi dengan meneguhkan komitmen sebagai pelayan masyarakat. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...