Nico Berharap Kondisi Trauma Pengungsi Dapat Segera Dipulihkan

0 Komentar

Bupati Tana Toraja Nikodemus Biringakane mengungjungi korban pengungsi kerusuhan Wamena Papua, Selasa (15/10/2019). Foto: frederic/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKALE——Kondisi trauma para pengungsi yang datang di Toraja masih belum pulih. Sebagian dari mereka khususnya anak anak masih kelihatan psikologinya belum stabil. Bupati Tana Toraja Nikodemus Biringakane berharap kondisi itu segera bisa dipulihkan dengan pelayanan bimbingan rohani dan konsultasi psikologi yang disediakan pemkab Tana Toraja.

Beban trauma para pengungsi penangannya akan dilakukan secara khusus dan serius oleh pemkab Tana Toraja. Termasuk kondisi anak balita dalam penanganan pelayanan kesehatanya.

” Kita telah menyeduakan layanan bimbingan rohani dan tenaga medik khusus untuk pelayanan psikologi para pengungsi, termasuk pemeriksaan kesehatan dan pengobatan mereka, ” ungkapnya disela-sela kegiataan di Panggung Taman Rakyat Plaza Kolam Makale Posko Pengungsi Wamena, Selasa 15 Oktober 2019.

Pihaknya telah menyediakan angkutan untuk para pengungsi untuk menjemput dan mengantarnya kembali bagi yang telah memeriksakan kesehatan dan pengobatan lainnya.

Sebanyak 80 pengungsi asal Wamena tiba di Makale, Selasa pagi, 15 Oktober 2019 setelah menempuh perjalanan laut dari Papua. Setelah menjalani pemeriksaan kesehatan dan diberi bantuan makanan peralatan belajar , para pengungsi itu diantar ke rumah kampung asal merekan dengan kendaraan dinas milik pemkab Tator. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...