Dibakar Suami, Putri Nalurita Ditidurkan Tim Dokter di IGD

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, SURABAYA– Putri Nalurita dirujuk ke RSUD dr Soetomo setelah dibawa ke RSI Surabaya. Kemarin (15/10) dia ditidurkan tim medis di instalasi gawat darurat (IGD).

Tujuannya, menstabilkan kondisi fisiknya yang mengalami luka bakar. Apalagi, perempuan 19 tahun tersebut mengalami syok karena kaget dan kesakitan.

Putri menderita luka bakar cukup serius di bagian wajah, dada atas, tangan kiri, dan kaki kiri. Luka bakar itu sampai di saluran napas. Menurut Kepala Instalasi PKRS dan Humas RSUD dr Soetomo Pesta Parulian Maurid Edwar, begitu Putri masuk IGD, tim medis langsung mengamankan saluran napas dan mencuci lukanya agar tak terjadi infeksi.

Dari penampakan klinis di bagian tubuh Putri, luka bakarnya mencapai 16 persen. Untuk sementara, hingga kemarin sore, Putri didiagnosis menderita luka bakar grade B atau tingkat II Yakni, luka bakar yang terjadi pada epidermis dan sebagian lapisan dermis kulit. Secara klinis, luka yang dialami Putri membuat kulitnya tampak merah, lecet, melepuh, bengkak, dan terasa sakit.

Namun, tim medis akan terus mendalami pemeriksaan luka bakar itu. Setelah luka bakar Putri dicuci untuk menghindari infeksi, tim medis baru bisa menentukan seberapa dalam dan luas luka bakar itu. Lantas, dokter menentukan penanganan selanjutnya yang diperlukan. Misalnya, perlu dioperasi plastik atau tidak.

”Secara periodik luka bakar pasien akan dicuci lagi. Dari situ akan ditentukan penanganan selanjutnya. Apakah nanti dilakukan skin graft (cangkok kulit, Red) atau tidak. Jika iya, akan ditentukan juga bagian mana yang perlu mendapatkan penanganan tersebut,” jelas Pesta.

Yang terpenting, lanjut dia, jalan napas Putri sudah ditangani. Sebab, luka bakar membuat jalan napas Putri membengkak. Itulah yang menurut Pesta mengkhawatirkan. Paru-paru pasien kesulitan untuk bertukar oksigen. Hal itu terjadi karena saat terbakar, hawa panas terhirup melalui jalur napas Putri. ”Saat pemasangan pipa napas di mulut, saluran napas sudah bengkak semua,” kata Pesta.

Selain itu, tim medis telah mengantisipasi terjadinya kehilangan cairan yang cukup banyak akibat luka bakar. Kulit yang terbakar membuat Putri kehilangan cairan tubuh akibat penguapan yang berlebihan. ”Tim medis telah mengganti cairan dalam tubuh yang keluar akibat luka bakar itu,” ucap Pesta. (jpg/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...