Hebat… Festival Salo Karajae Masuk Event Nasional

0 Komentar

Taufan Pawe Wali Kota Parepare.

FAJAR.CO.ID, PAREPARE — Patut dapat jempol. Festival Salo Karajae Parepare, kini masuk agenda nasional.

Kementerian Pariwisata Republik Indonesia merestui festival ini masuk event yang harus dilestarikan.

Pasalnya, ada nilai budaya yang hendak dijaga di ajang ini. Katakanlah, di Festival ada lomba tarik perahu, lomba balap perahu katinting, juga kompetisi tari Jeppeng.

Suksesnya event ini masuk dalam event nasional tak bisa dilepas dari kerja keras Dinas Pariwisata, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Parepare.

Kadis Disporapar Parepare, Amarun Agung Hamka, ada di situ. Hamka patut diapresiasi atas dinobatkan festival ini. Apalagi, festival ini sempat vakum, tetapi disulap hidup lagi. Digelar lagi.

Kerja keras Hamka memperjuangkan event tahunan ini masuk dalam Calender of Event (COE) National pada 2020 mendatang, berhasil. Jago.

“Ini tentunya menjadi tantangan tersendiri buat saya. Menjaga event ini biar lebih wah lagi. Lebih meriah lagi. Tentunya berpatokan pada pelestarian budaya kita,” kata Hamka.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, mengaku bangga Festival Salo Karajae ini bisa masuk COE. Apalagi, tak semua daerah di Sulsel bisa direkeng.

“Tentunya ini adalah momentum Parepare untuk lebih dikenal. Tak hanya nasional tetapi juga mancanegara,” ucapnya saat jumpa wartawan di Rujab Wali Kota Parepare, Rabu (16/10/2019).

Taufan pun berharap, dengan masuknya Festival Salo Karajae pada Calender of Event (COE) National 2020 mendatang, Parepare bisa mewujudkan target Presiden RI, Joko Widodo.

Apa itu? Yaitu mendatangkan wisatawan mancanegara sebanyak Rp20 juta orang dan tentunya menjadikan Parepare sebagai kota wisata BJ Habibie.

“Hebat lagi karena Festival Salo Karajae ini itu dilaksanakan bertepatan dengan Hari Pariwisata se-dunia,” bebernya. (sua)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...