KKSB Papua Kembali Berulah, Tembaki Helikopter Pengangkut Bahan Makanan

Rabu, 16 Oktober 2019 21:16
Helikopter PK-IWD milik PT Intan Angkasa Air Service yang dipiloti Dan Cristian Munteanu ditembaki oleh Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB) Papua. (dok. Kapendam XVII/Cenderawasih)

“Sebanyak tiga kali tembakan mengenai pintu bawah kiri Helycopter tembus kaca depan dan tidak menimbulkan korban jiwa,” jelas Eko.

Akibat tembakan ini, helikopter mengalami lubang di bagian kaca dan pintu. Pilot Dan Cristian Munteanu dan Agung Dedi Hidayat selanjutnya langsung menuju ke Koramil Ilaga untuk melaporkan Kejadian tersebut.

Keterangan dari pilot kepada polisi, helikopter diserang dengan 3 kali tembakan ketika pesawat berada di Ketinggian altitut 8.500 FT/2590 meter dari Permukaan Laut (290 meter dari permukaan tanah). Adapun perkiraan Jarak dari TKP dengan PT MTT yaitu 5 NM atau 9,26 kilometer. Sementara penembakan terjadi pada saat kecepatan Helikopter berada pada 10 KH.

“Setelah selesai memberikan keterangan Pilot beserta penumpang berangkat menuju bandara Moses Kilangin Timika, Kabupaten Mimika dengan menggunakan Helikopter PK-IWD, dikarenakan Helikopter tersebut masih layak terbang,” pungkas Eko.

Namun sampai dengan saat ini, TNI masih memastikan situasi di Wilayah Ilaga, Kabupaten Puncak masih dalam keadaan aman terkendali. TNI menyatakan akan berkordinasi dengan pihak Polda untuk mengidentifikasi dan mencari pelaku penembakan pesawat tersebut.

Bagikan berita ini:
1
1
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar