Bertahan dalam Pekerjaan Penuh Tekanan, Ini Dampak Buruknya

0 Komentar

Ilustrasi

FAJAR.CO.ID –– Masuk di dunia pekerjaan memang tak semudah yang dibayangkan. Mungkin pernah mengalami hari buruk saat berada di kantor, mendapat tuntutan dari atasan, hingga pekerjaan yang tak pernah dihargai.

Hal tersebut membuat kita menjadi tertekan, stres, dan menjadikan pekerjaan sebagai beban tiap hari. Tahukah kamu bahwa bertahan di pekerjaan penuh tekanan dan lingkungan yang toxic bisa berdampak buruk pada kesehatan kita.

Di bawah ini ada beberapa dampak buruk bagi tubuh jika kita masih bertahan di pekerjaan yang penuh tekanan dan lingkungan yang tidak sehat. Apa saja ya?

Sakit pada kepala dan leher

Saat kita mengalami banyak kecemasan dan stres, maka tubuh otomatis akan tegang. Hal ini akan berdampak pada kepala dan leher yang terus menerus terasa sakit. Tekanan intens yang kita rasakan bisa membuat kepala dan leher terasa sakit.

Kekebalan tubuh menurun

Sistem kekebalan tubuh akan menurun dan melemah saat kita bekerja di lingkungan yang penuh tekanan. Bekerja di tempat yang tak pernah membuat kita bahagia hanya akan membuat kita jadi gampang jatuh sakit.

Stres kronis juga bisa membuat tubuh rentan terhadap perubahan musim dan alergi.

Haid yang tidak teratur

Sistem reproduksi perempuan bisa sangat dipengaruhi oleh kadar stres karena bisa memengaruhi perubahan hormon dalam tubuh.

Lingkungan yang penuh tekanan bisa membuat perempuan mengalami haid yang tidak teratur atau haid yang terlambat. Stres memang bisa jadi salah satu penyebab utama haid yang tak teratur pada perempuan.

Kelelahan mental

Setiap hari melakukan pekerjaan yang sebenarnya dibenci dan memberi banyak tekanan, dampaknya bisa sangat terasa pada kondisi mental kita. Kita akan sering dihantui rasa cemas dan tidak tenang. Kondisi mental jadi kurang stabil.

Bertahan di Pekerjaan Penuh Tekanan

Jika kita mengalami kondisi atau gejala-gejala yang disebutkan di atas, ada baiknya untuk mengambil jeda sejenak dan menganalisis situasi yang ada.

Mungkin ada pertimbangan untuk keluar dari pekerjaan atau ganti pekerjaan yang lebih baik. Semoga pekerjaan yang ditekuni sekarang bisa memberi kebahagiaan dan kesejahteraan dalam hidup kamu. (*jpg)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...