HPS Jadi Momentum Kebangkitan Kakao Indonesia

FAJAR.CO.ID, KONAWE SELATAN — Hari Pangan Sedunia akan digelar 2 sampai 5 November 2019. Kabupaten Konsel menjadi salah satu lokasi pelaksanaan HPS. Presiden RI Joko Widodo  dijadwalkan hadir. Kementerian Pertanian (Kementan) pun mengutus delegasinya untuk mengecek dan memantau progres kesiapan HPS yang akan dikunjungi Presiden Jokowi.

Adalah Direktur Jenderal Hortikultura, Kementerian Pertanian (Kementan), Prihasto Setyanto menjadi utusan Kementan untuk meninjau lokasi pelaksanaan HPS ke-39 di Desa Pudambu Kecamatan Angata Konawe Selatan (Konsel), Rabu (16/10). Ketua panitia HPS pusat itu memantau progres pengerjaan lokasi pelaksanaan gelar teknologi (Geltek).

Saat tiba di lokasi, Prihasto langsung meninjau penggusuran lahan seluas 4,2 hektar yang disiapkan titik landing helipad yang akan digunakan Presiden RI Jokowi bersama rombongan. Prihasto mengungkapkan, pelaksanaan HPS di Sultra terdiri dua titik, yakni Kota Kendari dan Konsel.

Kabupaten Konsel dipilih sebagai tempat pelaksanaan gelar teknologi (Geltek) pertanian khusus budidaya komoditas kakao dan sagu. "Kita fokus dua komoditas ini. Indonesia adalah urutan ketiga pengekspor kakao kelas dunia. Di sisi lain, adalah produk unggulan yang saat ini menjadi program prioritas nasional. Pada momen HPS ini, kita akan dorong tanaman kakao ini bisa berjaya kembali di daerah kita," ujarnya Prihasto didampingi Plt. Sekprov Sultra, La Ode Mustari, Kepala Dinas Kominfo Sultra, Saifullah, Kepala Dinas Pertanian Ari Sismanto dan sejumlah petugas teknis lapangan HPS.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono


Comment

Loading...