Fadli Zon Buka Pameran Nasional Filateli Makassar 2019

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR–Ketua Umum Pengurus Perkumpulan Filateli Indonesia (PFI) periode 2017-2022, Fadli Zon hadir langsung di Pameran Nasional Filateli Makassar 2019, di Trans Studio Mall (TSM), Jalan Metro Tanjung Bunga, Jumat, (18/10/19).

Sebelum membuka, Fadli Zon disambut dengan Angngaru (bersumpah). Adat Makassar yang diperagakan dengan menggunakan pakaian adat dan suculah badik (pisau khas Makassar).

Setelah itu, Fadli Zon membuka dengan resmi pameran filateli nasional 2019 yang akan berlangsung 18-21 Oktober ini.

Menurut, Ketua DPD Perkumpulan Filateli Indonesia (PFI) Sulsel, Zulfadly Samad Tahir, pameran dan kompetisi filateli nasional ini pertama kalinya digelar di pusat perbelanjaan modern.

Sebelumnya, pameran ini rutin diadakan di gedung tertutup, sehingga pengunjungnya hanya dari kalangan filatelis.

“Ini bertujuan untuk mengenalkan dan mendekatkan filateli kepada masyarakat, dan mampu menarik minat mereka. Karena tak dapat dipungkiri, peminat hobi ini makin berkurang,” jelasnya.

Lanjutnya, sebanyak 250 frame prangko koleksi filatelis dari 22 provinsi akan dipamerkan. Jumlah frame yang dipamerkan itu meningkat, sebelumnya hanya sekitar 150 frame.

Zulfadly menjelaskan, menggeluti dunia filateli tak hanya sekadar hobi, tapi memiliki nilai edukasi. Pasalnya, karakter bangsa bisa tercermin dalam prangko dan alat pos lainnya.

Sementara itu, Sekretaris Jendral Dewan Pengurus Pusat (DPP) PFI, Gita Noviandi, menuturkan, tak hanya dari Indonesia, pameran filateli ini juga menghadirkan filatelis dari Dubai, Uni Emirat Arab.

Gita berharap, event ini akan menjadi titik balik kejayaan filatelis nasional.

“Ada 250 frame prangko yang dipamerkan, itu jumlah yang cukup besar. Sebelumnya hanya sekitar 150. Ini menunjukkan bahwa ternyata peminat filateli begitu besar. Cuma selama ini kurang digaungkan sehingga banyak yang fakum,” terangnya. (mum)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...