Habiskan Rp350 Juta, Ini Hasil Reses Perdana Anggota DPRD Maros

0 Komentar

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, MAROS — Guna menyerap aspirasi dari daerah pemilihannya (Dapil), sebanyak 35 anggota DPRD Kabupaten Maros ikut reses masa sidang pertama. Reses ini mulai dilaksanakan pada 15-20 Oktober 2019.

Sekretaris Dewan (Sekwan) Maros, Noralim, mengatakan, reses ini merupakan bentuk penyerapan anggota dewan terpilih terhadap aspirasi di daerah pemilihannya masing-masing.

“Ini akan berlangsung selama enam hari sejak Selasa, 15 Oktober,” katanya.

Lebih lanjut, kata dia, anggaran yang digelontorkan untuk reses ini sebesar Rp350 juta.

“Jadi anggarannya itu Rp10 juta per masing-masing anggota,” akunya.

Anggaran ini, kata dia, digunakan untuk keperluan makan dan minum, ATK, sewa tenda, sound sistem dan kebutuhan lainnya berkaitan dengan reses.

“Reses ini bertujuan untuk menjaring aspirasi warga di daerah pemilihan masing-masing anggota DPRD Maros. Jadi, anggarannya itu digunakan saat reses,” katanya.

Dia menambahkan, usai reses ini para anggota DPRD diminta membuat laporan dan dijadikan pokok pikiran DPRD untuk dimasukkan pada saat Musrembang nanti.

Sementara itu, Ketua DPRD Maros, HA Patarai Amir, berharap agar melalui reses ini aspirasi masyarakat betul-betul terserap.

“Bukan hanya itu, ini juga sebagai evaluasi program-program Pemda bahwa progresnya sudah sampai di mana,” katanya.

Saat turun melakukan reses, kata dia, paling banyak aspirasi yang menyuarakan kekurangan air.

“Dan paling menyedihkan adalah daerah Bantimurung yang sumber air PDAM-nya dari sana tetapi orang di sana tidak menikmati air PDAM,” jelasnya.

Sedangkan, Wakil Ketua II DPRD Maros, Fatmawati, mengatakan, ia telah turun melakukan reses di daerah pemilihan (Dapil) 3.

“Saya sudah empat hari turun melakukan reses. Kebetulan saya di Dapil 3 itu wilayahnya Simbang, Bantimurung, Cenrana, Camba, dan Mallawa,” katanya.

Dia mengatakan, hampir sebagian besar yang menjadi aspirasi warga itu pengadaan alat pertanian seperti traktor, pompa air, dan lain-lain.

“Ada juga aspirasi perbaikan jalan, sumur bor, dan pengadaan jaringan internet di Kecamatan Mallawa,” katanya. (rin)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...